Mengenal Burung Merpati-Gunung Mada

 dan didunia internasional dikenal dengan nama  Mengenal Burung Merpati-Gunung Mada
Merpati-gunung Mada, P. Buru Maluku © Rob Hutchinson
Burung Merpati-Gunung Mada mempunyai nama latin Gymnophaps mada dan didunia internasional dikenal dengan nama Long-tailed Mountain-pigeon. Burung merpati jenis ini merupakan burung endemik Maluku.

Burung Merpati jenis ini dibagi menjadi dua spesies yang berbeda mengikuti Rheindt & Hutchinson (2007) yaitu Gymnophaps mada (Buru Mountain Pigeon) dan Gymnophaps stalkeri (Seram Mountain Pigeon)

Burung Merpati-Gunung Mada berilmu balig cukup akal memliki panjang badan sekitar 38 cm. Memiliki bulu mayoritas berwarna abu-abu. Bagian tenggorokan dan cuilan dada berwarna keputihan. Untuk yang jantan, kulit di sekitar mata berwarna merah, sedangkan yang betina berwarna merah kehitaman. Untuk Gymnophaps stalkeri, cuilan muka dan dada berwarna merah-jambu bungalan tua.

Habitat burung merpati-gunung mada antara lain di daerah hutan pegunungan dan hutan perbukitan dengan ketinggian sekitar 400 sampai 2250 m diatas permukaan laut. Namun mereka terkadang mencari makan sampai ke daerah hutan yang sangat lembab.

Daerah penyebaran burung merpati-gunung mada hanyalah di tempat Maluku. Menurut data Red List IUCN, populasi burung merpati-gunung mada berada pada status Resiko Rendah (LC).

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Merpati-Gunung Mada"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel