Mengenal Ayam Cemani, Ayam Mistis Dari Jawa

 merupakan spesies ayam langka yang berasal dari Jawa Mengenal Ayam Cemani, Ayam Mistis dari Jawa
Ayam cemani merupakan spesies ayam langka yang berasal dari Jawa, tepatnya kawasan Jawa Tengah, ada yang bilang kawasan Kedu. "Cemani" ialah kosa kata bahasa jawa untuk 'hitam mutlak'. So, menyerupai namanya, ayam cemani memang mempunyai badan yang hitam mutlak.

Di Jawa, ayam cemani dapat dibilang sudah menjadi ayam yang sangat langka. Namun tahukah anda, kalau ternyata ketika ini di Belanda, Jerman, Slovakia, dan Republik Ceko, sudah ada peternak ayam cemani. Konon ayam orisinil Indonesia tersebut dibawa ke Eropa sekitar tahun 1998 oleh seorang peternak berkebangsaan Belanda yang berjulukan Jan Steverink. Namun ada juga yang beropini kalau ayam cemani sudah ada di Eropa jauh sebelumnya dengan dibawa oleh orang-orang VOC.

Ayam cemani mempunyai badan yang seluruhnya berwarna hitam. Tidak hanya bulunya yang hitam, bahkan paruh, kaki, lidah, jengger, kuku, daging, tulang, dan organ dalamnya juga berwarna gelap. Bahkan warna darahnya pun benar-benar gelap, meski tidak dapat disebut hitam. Tidak mengherankan kalau ayam jenis ini diidentikkan dengan dunia perdukunan di Jawa.

Ayam cemani jantan mempunyai berat sekitar 2 sampai 2,5 kg sedangkan yang betina beratnya sekitar 1,5 sampai 2 kg. Ayam ini menghasilakn telur rata-rata sekitar 45 butir per tahun. Ada yang bilang harga ayam cemani berkisar antara 28 sampai 40 juta rupiah. Keren nggak tuh???

Referensi : wikipedia

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Ayam Cemani, Ayam Mistis Dari Jawa"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel