Mengenal Burung Hantu Celepuk Rajah

 Memiliki aneka macam nama di aneka macam negara Mengenal Burung Hantu Celepuk Rajah
Burung Hantu Celepuk Rajah mempunyai nama latin Otus brookei. Memiliki aneka macam nama di aneka macam negara, tetapi lebih dikenal dengan nama Rajah Scops Owl di dunia internasional. Burung ini merupakan salah satu burung hantu endemik Indonesia.

Celepuk Rajah merupakan jenis burung hantu berbadan kecil dengan panjang tubuh dewasanya sekitar 23 cm. Mereka mempunyai sayap yang pendek dan bulat. Kebanyakan dari mereka mempunyai bulu menjulang di kedua sisi kepala yang terlihat ibarat daun telinga.  

Warna bulu Celepuk Rajah secara umum dikuasai cokelat dengan sentuhan warna putih pada beberapa bab tubuh mirip pada bab leher dan bulu bab bawah. Bagian iris mata, paruh dan kakinya berwarna kuning/kekuning-kuningan.

Habitat burung celepuk rajah ialah di tempat hutan pegunungan dengan ketinggian sekitar 1.200 sampai 2.400 m di atas permukaan laut. Daerah penyebaran celepuk rajah hanyalah di Pulau Sumatera dan Kalimantan saja.

Makanan celepuk rajah yang utama ialah serangga, mirip ngengat. Namun sempat ditemukan pula ada yang memangsa katak.

Meskipun tempat penyebarannya hanya terbatas di beberapa tempat di Pulau Sumatera dan Kalimantan, populasi celepuk rajah diperkirakan belum masuk dalam kategori mengkhawatirkan. Red List IUCN pun memasukkan spesies ini dalam kategori "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : planetofbirds.com

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Hantu Celepuk Rajah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel