Mengenal Burung Nuri Hitam

 Dalam bahasa Inggris dikenal dengan beberapa nama menyerupai  Mengenal Burung Nuri Hitam
Burung Nuri Hitam mempunyai nama latin Chalcopsitta atra. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan beberapa nama menyerupai Black Lory, Rajah Lory, atau Red-quilled Lory. Burung ini merupakan anggota genus Chalcopsitta.

Nuri Hitam merupakan spesies burung berukuran medium dengan panjang tubuh dewasanya sekitar 32 cm dengan berat tubuh antara 230-260g. Ciri khas burung nuri hitam yaitu berbulu hitam mayoritas dengan paruh yang juga berwarna hitam. Kakinya berwarna abu-abu gelap, dengan ekor lapisan bawah berwarna kuning dan merah. Penampilan pejantan dan betinanya serupa.

Ada 3 sub-spesies Nuri hitam yang hidup di kawasan penyebaran yang berbeda yaitu bernsteini (hidup Pulau Misool), atra (di Pulau Batanta, Pulau Salawati dan Daerah Kepala Burung bab barat Papua), insignis (Daerah Kepala Burung bab timur, Pulau Amberpon dan Onin serta Semenanjung Bomberai, Papua).

Habitat Burung Nuri Hitam yaitu di kawasan terbuka menyerupai kebun kelapa di kawasan pesisir, savana, tepi hutan, mangrove, dan tegakan ekaliptus dengan ketinggian sampai 200 m. Mereka hidup secara berkelompok. Makanan Nuri Hitam di alam liar yaitu kelapa dan Flowering Schefflera shrubs (maav aku tidak sanggup menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, he).

Populasi Burung Nuri Hitam berdasarkan data Red List IUCN berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya yaitu "Appendix II", sanggup diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : parrots.org

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Nuri Hitam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel