Mengenal Burung Nuri Kalung Ungu

 Dikenal di dunia internasional dengan nama  Mengenal Burung Nuri Kalung Ungu
Burung Nuri Kalung Ungu mempunyai nama latin Eos squamata. Dikenal di dunia internasional dengan nama Violet-necked Lory. Nama yang merujuk pada warna bulu di leher salah satu burung endemik Indonesia ini.

Burung Nuri Kalung Ungu remaja mempunyai panjang badan sekitar 28 cm dengan bulu berwarna mayoritas merah dan ungu. Melingkar di belahan lehernya bulu berwarna ungu. Memiliki ekor yang panjang dan meruncing.

Terdapat 3 subspesies burung nuri kalung ungu yang mempunyai tempat penyebaran yang berbeda, yaitu : riciniata (Maluku Utara, termasuk Kepulauan Widi), obiensis Rothschild (Obi dan kemungkina juga ada di Maluku Utara, squamata (Kepulauan di tempat Papua Barat dan Kepulauan Schildpad)

Habitat burung nuri kalung ungu yaitu di hutan tropis dataran rendah yang lembab dan hutan bakau tropis. Mereka hidup bersama dalam sebuah kelompok besar. Mereka sering terlihat mengunjungi pohon-pohon yang tengah berbunga dan perkebunan kelapa di wilayah pesisir pantai. Mereka juga sering terlihat beterbangan diantara pulau-pulau.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung nuri kalung ungu ketika ini berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya yaitu "Appendix II", sanggup diperdagangakan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Nuri Kalung Ungu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel