Mengenal Burung Emprit Haji Atau Bondol Haji

Mengenal Burung Emprit Haji atau Bondol Haji Mengenal Burung Emprit Haji atau Bondol Haji
Burung Bondol Haji atau Emprit Haji atau Pipit Haji atau ditempatku dikenal juga dengan nama Peking Kaji mempunyai nama latin Lonchura maja. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama White-headed Munia.

Burung ini mendapat gelar "Haji" alasannya kepalanya yang berwarna putih mengingatkan kita dengan peci Pak Haji. Burung ini termasuk jenis burung berbadan kecil. Panjang tubuh bondol haji remaja saja hanya sekitar 11 cm.

Burung Emprit Haji mempunyai bulu tubuh berwarna cokelat dengan bab tenggorokan ke atas berwarna putih. Emprit Haji muda mempunyai bulu berwarna cokelat di bab atas, sementara bab bawah dan wajahnya berwarna kuning tua.

Habitat Burung Emprit Haji yaitu di sawah dan rawa dengan ketinggian mencapai 1.500 m diatas permukaan laut. Mereka mencari makan secara bergerombol dan berjumlah sangat banyak dikala demam isu panen padi tiba. Namun mereka akan berkeliaran berpasangan selama demam isu kawin. Musim kawin burung emprit haji di Jawa Barat diketahui terjadi sekitar bulan Februari.

Makanan emprit haji yaitu padi. Sehingga mereka sering dianggap sebagai hama oleh para petani. Dengan banyak sekali cara, termasuk memakai racun sampai menggunakan jasa burung hantu, ditempuh para petani untuk mengatasi serbuan burung ini menjelang demam isu panen.

Daerah Penyebaran burung emprit haji antara lain di Semenanjung Malaya, Indonesia (Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Bali), Thailand, dan Vietnam Selatan. Terdapat 2 sub-spesies dari burung emprit haji yaitu Lonchura maja maja, dan Lonchura maja viatnemensis (hidup di wilayah indochina).

Sarang emprit haji berupa anyaman rumput kering yang menggulung ibarat bola. Mereka biasanya menciptakan sarang di batang pohon padi, tetapi tak jarang juga ada yang menciptakan sarang di sela-sela tandan buah pisang.

Jumlahnya yang banyak dan tersebar luas menciptakan Red List IUCN memasukkan populasi burung emprit haji pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : wikipedia dan nationalgeographic

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Emprit Haji Atau Bondol Haji"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel