Mengenal Burung Kring-Kring Dada Kuning

 Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  Mengenal Burung Kring-kring Dada Kuning
Kringkring Dada-kuning, Sulawesi Utara © Rob Hutchinson
Burung Kring-kring Dada Kuning atau ili-ili atau di Minahasa dikenal dengan nama Kelit-kelit, mempunyai nama latin Prioniturus flavicans. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Yellow-breasted Racket-tail.

Kring-kring dada kuning remaja mempunyai panjang badan sekitar 37 cm dengan bulu mayoritas berwarna hijau, dengan bab dada berwarna kuning. Memiliki mahkota berwarna biru dengan bercak merah di tengahnya, epilog ekor berwarna hijau kekuningan, dan leher berwarna kuning. Untuk yang betina, tidka mempunyai bercak merah pada mahkotanya, sementara yang masih remaja mempunyai kepala yang berwarna hijau dan bab tengah bulu ekor utamanya berbentuk runcing.

Habitat burung kring-kring dada kuning yaitu di wilayah hutan primer serta perkebunan di sekitar hutan dengan ketinggian sampai 100 m di atas permukaan laut.

Burung ini yaitu salah satu burung endemik Indonesia. Daerah penyebaran burung kring-kring dada kuning antara lain di Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah bab Utara, Bangka, Lembeh dan Keulauan Togian.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung kring-kring dada kuning berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Sementara status perdagangan internasionalnya yaitu "Appendix II". Sehingga masih sanggup diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Kring-Kring Dada Kuning"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel