Mengenal Burung Bubut Goliath

 Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  Mengenal Burung Bubut Goliath
Foto Burung Bubut Goliath © Hanom Bashari
Burung Bubut Goliath mempunyai nama latin Centropus goliath. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Goliath Coucal. Burung ini merupakan salah satu spesies burung endemik Indonesia yang hidup di wilayah Maluku.

Bubut Goliath mempunyai ukuran badan yang besar. Panjang badan dewasanya mencapai 67 cm dengan bulu lebih banyak didominasi berwarna hitam, dengan sedikit warna putih di bab sayapnya, serta mempunyai bulu ekor yang panjang.

Burung bubut goliath muda mempunyai penampakan yang beragam. Ada yang mempunyai warna bulu cokelat dengan leher bab belakang bercoret putih dan badan bab bawah berpalang. Ada juga yang penampilannya ibarat burung cukup umur tetapi bab kepalanya berwarna putih-krem.

Habitat burung bubut goliath ialah di tepi hutan primer dan sekunder; hutan babat pilih, dan tepian hutan dengan ketinggian mencapai 450 mdpl. Daerah penyebaran burung bubut goliath hanyalah di wilayah Maluku Utara yang mencakup Ternate, Tidore, Morotai, Halmahera, Bacan, Obi, dan Kasiruta.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung bubut goliath berada pada status "Resiko Rendah (LC)", dengan status perdagangan internasional yang masih belum jelas.

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Bubut Goliath"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel