Informasi Mengenai Burung Celepuk Mentawai

Foto burung Celepuk mentawai di Pulau Siberut Informasi Mengenai Burung Celepuk Mentawai
Celepuk mentawai, P. Siberut, Mentawai, Sumatera Barat © Filip Verbelen
Burung hantu celepuk mentawai mempunyai nama latin Otus mentawi. Salah satu spesies celepuk yang hidup di wilayah Indonesia ini dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Mentawai Scops Owl, sesuai dengan nama kawasan penyebarannya, Mentawai.

Celepuk mentawai mempunyai ukuran badan mungil dengan panjang dewasanya hanya sekitar 20 cm. Bulu dominannya berwarna cokelap dengan bintik-bintik. Matanya berwarna kuning, kaki berwarna abu-abu, dan paruh berwarna menyerupai kuku atau gading.

Habitat celepuk mentawai yaitu di kawasan hutan hujan dataran rendah serta wilayah hutan sekunder. Namun mereka juga sering terlihat berkeliaran atau bertengger di cabang-cabang pohon di erat pemukiman warga. 

Burung ini yaitu burung endemik Kepulauan Mentawai. Sehingga daerah penyebaran celepuk mentawai hanyalah terbatas di Kepulauan Mentawai saja. Makanan utama celepuk mentawai yaitu serangga.

Menurut statistik data Red List IUCN, populasi celepuk mentawai berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Sementara status perdagangan internasional celepuk mentawai masih "Appendix II".

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Informasi Mengenai Burung Celepuk Mentawai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel