Informasi Perihal Burung Atoko Maluku

 Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama  Informasi Tentang Burung Atoko Maluku
Atoko maluku, TN Aketajawe Lolobata, Halmahera oleh Hanom Bashari
Burung Atoko Maluku mempunyai nama latin Aegotheles crinifrons. Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal dengan nama Moluccan Owlet-Nightjar.

Burung ini termasuk jenis burung berukuran besar dengan panjang badan dewasanya sekitar 29 cm. Memiliki warna mayoritas cikelat dan merah karat. Bagian atas tubuhnya mempunyai garis-garis cokelat keabu-abuan. Bagian bawah tubuhnya berwarna lebih pucat dan bertotol gelap.

Habitat burung Atoko Maluku adalah di wilayah hutan dataran rendah, hutan perbukitan, hutan sekunder tinggi, pinggiran hutan, serta terkadang berkeliaran di wilayah lahan budidaya. Secara geografis, mereka menempati tempat dengan ketinggian sampai 1.800 m di atas permukaan laut.

Daerah penyebaran burung atoko maluku terbatas hanya di wilayah Maluku utara. Terutama tempat Halmahera, Kasiruta dan Bacan. Burung ini yaitu salah satu burung endemik Indonesia yang patut untuk kita lestarikan

Makanan utama burung Atoko Maluku yaitu serangga (insektivora). Biasanya mereka menangkap serangga selagi terbang atau mematuknya dikala bertengger di dedaunan.

Data Red List IUCN sampai awal tahun 2014 memasukkan populasi burung atoko maluku ke dalam status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Informasi Perihal Burung Atoko Maluku"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel