Apakah Benar Anis Kerikil Tidak Dapat Berkicau ?

damaiBerawal dari kurang pengalaman dan kurang faham ihwal perburungan yang ketika ini sedang gencar dan ada juga beberapa kicau mania yang sempat break sejenak selang beberapa minggu, bahkan beberapa bulan dari mengurus burung alasannya aneka macam alasan yang dikemukanan.

Namun banyak juga yang justru semakin gencar mencari dan selalu menambah koleksi burung yang ada, alasannya memang sudah biasa, bila sudah punya 1 pengen jenis lain lagi dengan alasan buat nemanin yang sudah ada (kasihan ga ada temennya) tamat beli dan kesudahannya punya 2 ekor, sudah punya 2 pengen jenis yang lainnya juga, kesudahannya punya 3, 4, 5, 6 dan seterusnya. Itulah hobi yang satu ini yang memang tidak dapat dielakkan.

Terlepas dari itu semua, pernah ketika awal-awal berkecimpung di bidang burung, sempat terbesit di benak ihwal burung apa saja yang sedang tren, namun di sisi lain ingin juga punya burung yang bukan termasuk burung yang sedang banyak dibicarakan oleh penghobi dan kesudahannya mencoba beli burung sebagaimana yang terlihat pada gambar.

Sepintas memang menyerupai burung kicauan yang anggun alasannya secara fisik dan sebagaimana burung anis lainnya, menyerupai Anis Bata (Anis Merah/Punglor), Anis Kembang, Anis Macan, Anis Cendana dan juga jenis Anis lainnya, sepintas ingin membeli jenis Anis yang satu ini yaitu Anis Batu.

Singkat cerita, alasannya berdasarkan si penjualnya katanya bunyi burung ini sama menyerupai Kacer, banyak ocehannya dan macam-macam, makan bolehlah aku beli dengan harga buka Rp 100 ribu, namun sempat mikir sejenak, “masa’ sih anis harganya 100 ribu ?!” apalagi sehabis aku tawar boleh dikasih seharga 50 ribu, tapi sempat curiga, benarkah burung ini akan dapat bunyi menyerupai kacer ?

Setelah dirawat sekitar 2-3 minggu, ternyata bunyinya hanya cit….. cit….. cit….. saja dan kemudian sehabis ditanyakan kepada para senior waktu itu sekitar awal tahun 2013-an, dan memang ternyata jawabannya yakni bahwa Anis Batu memang tidak dapat berkicau sebagaimana jenis Anis lainnya.

Segera sehabis mendapat isu tersebut, aku lepaskan dari kandangnya biar dapat terbang bebas dan mencari makan secara bebas kembali.

Itulah pengalaman membeli burung alasannya belum pengalaman, maka untuk para pembaca, bila akan membeli burung apalagi yang harganya lumayan, bila memang kita belum faham betul, lebih baik ajaklah mitra yang sudah faham ihwal burung untuk menjaga jangan hingga kita tertipu oleh si penjualnya, namun banyak juga penjual burung yang baik dan jujur.

Demikian pengalaman masa lampau, semoga bermanfaat
Salam burungbudidaya
sumber: damai9.blogspot.com

ARTIKEL LAINNYA :

0 Response to "Apakah Benar Anis Kerikil Tidak Dapat Berkicau ?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel