Cara Merawat Murai Kerikil Semoga Tetap Fit Ketika Animo Hujan

damai- Seperti pada artikel lainnya wacana cara merawat burung supaya tetap fit di dikala animo hujan, tidak berbeda jauh dengan jenis burung pemakan serangga lainnya, sebagaimana perawatan burung kacer, kenari dan juga burung lainnya.  

Berikut yaitu beberapa cara untuk mengantisipasi dan mengkondisikan supaya burung Murai Batu tetap fit selama animo hujan:

  1. Jika pada animo kemarau setiap pagi dan sore burung kita mandikan bahkan sehabis di mandikan pun terkadang burung masih nyebur ke cepuk mandi dengan sendirinya, namun pada animo hujan supaya mengurangi volume mandi, bahkan ketika kita akan memandikan pada keramba mandi supaya dikurangi volume airnya serta melihat kondisi cuaca pada dikala akan memandikannya.
  2. Penambahan extra food (EF), supaya ditambahkan porsi penambahan porsi jangkrik dari sebelumnya pagi 5 ekor sore 5 ekor misalnya, menjadi 7-8 ekor setiap pagi dan sore, jikalau biasanya tidak pernah diberi ulat hongkong, maka pada dikala  musim hujan dapat diberikan 2-3 ekor pagi dan sore dan juga tetap berikan kroto.
  3. Pemberian Multi Vitamin merupakan faktor yang sangat dianjurkan terutama manfaat vitamin yang menyangkut supaya burung tetap fit selama animo hujan, banyak direkomendasikan oleh  pakar kicau mania menyerupai yang banyak di muat di internet.
  4. Usahakan, apabila kita termasuk orang yang dalam kesehariannya di rumah, ketika muncul sinar matahari kapanpun munculnya, segerakan jemur burung walau hanya sebentar.
  5. Pada dikala hujan turun, apabila di luar rumah cuaca cuek dan burung terlihat kedinginan, lebih baik burung dimasukkan ke dalam rumah supaya lebih hangat dan apabila sehabis dimasukkan ke rumah burung masih juga terlihat membisu saja, memekarkan bulu-bulunya dan mata terpejam, alangkah lebih baiknya lagi burung dikerodong, bahkan ada salah satu murai kerikil mania karena hati-hatinya beliau memakai kerodong untuk murai kerikil kesayangannya dengan kerodong berbahan wool (selibut tebal) ... maaf belum sempat upload gambarnya gambar segera menyusul.
Dan ada juga beberapa mitra yang sempat meracik jenis makanannya dengan adonan yang berbahan dasar bahan-bahan yang dapat menghangatkan tubuh, menyerupai dicampur dengan sedikit jahe bakar lalu dihaluskan yang dicampurkan ke kuliner yang berupa voer dengan porsi cukup sekadar sebagai penghangat saja.

Demikian semoga bermanfaat.
Salam burungbudidaya
sumber: damai9.blogspot.com

0 Response to "Cara Merawat Murai Kerikil Semoga Tetap Fit Ketika Animo Hujan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel