Belajar Cara Budidaya Ayam Broiler

Belajar Cara Budidaya Ayam Broiler - Ayam Broiler dikenal juga sebagai ayam pedaging, merupakan ayam ras yang pertumbuhannya tidak memerlukan waktu yang terlalu lama. Dengan demikian, tidak memerlukan waktu yang usang untuk bisa segera dipanen oleh peternak. Jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang mempunyai daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam.

Untuk memanen ayam broiler, peternak bahkan cukup memeliharanya dalam waktu 5 sampai 7 ahad saja. Dengan waktu pemeliharaan yang relatif singkat dan menguntungkan, maka banyak peternak gres serta peternak musiman yang bermunculan di aneka macam wilayah di Indonesia.

Sebenarnya, ayam broiler ini gres terkenal di Indonesia semenjak tahun 1980-an, dimana pemegang kekuasaan mencanangkan panggalakan konsumsi daging ruminansia yang pada ketika itu semakin sulit keberadaannya.

Selama ini peternak masih belum bisa menciptakan bibit ayam broiler sendiri, dan ini memang tidak perlu, alasannya tentu membutuhkan biaya yang cukup besar jikalau produksinya hanya sedikit. Beberapa perusahaan lokal telah berhubungan dengan perusahaan di luar negeri dalam menyediakan bibitnya. Dengan aneka macam macam jenis ayam ras pedaging yang telah beredar dipasaran, peternak tidak perlu risau dalam memilih pilihannya.

Bibit yang disediakan beberapa perusahaan yang ada di Indonesia ketika ini telah banyak membantu peningkatan produktivitas, kuantitas, kualitas dan efisiensi perjuangan peternakan ayam broiler. Sebab, semua jenis yang telah beredar mempunyai daya produktifitas relatif sama. Perbedaan yang ada pada tiap jenis tidak terlalu banyak. Dalam memilih pilihan jenis apa yang akan dipelihara, peternak sanggup meminta daftar produktifitas atau prestasi bibit yang dijual di Poultry Shop (toko sarana perlengkapan peternakan).

Jenis dan Bibit Ayam Broiler

Beberapa jenis ayam ras pedaging yang banyak beredar di pasaran adalah: Super 77, Tegel 70, ISA, Kim cross, Lohman 202, Hyline, Vdett, Missouri, Hubbard, Shaver Starbro, Pilch, Yabro, Goto, Arbor arcres, Tatum, Indian river, Hybro, Cornish, Brahma, Langshans, Hypeco-Broiler, Ross, Marshall”m”, Euribrid, A.A 70, H&N, Sussex, Bromo, CP 707.

Bibit yang bisa dipilih peternak haruslah sehat dan aktif bergerak, badan gemuk (bentuk badan bulat), bulu higienis dan kelihatan mengkilat, hidung bersih, mata tajam dan higienis serta lubang kotoran (anus) bersih.

0 Response to "Belajar Cara Budidaya Ayam Broiler"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel