Pemberian Pakan Ikan Gurami

Pemberian Pakan Ikan Gurami

Pakan sangat kuat terhadap perkembangan dan pertumbuhan ikan. Pemberian pakan pada budidaya ikan gurami dilakukan 3 kali sehari. Per hari membutuhkan pakan ikan sekitar 17,19 kg untuk 8.182 ekor ikan gurami. Selain pakan buatan ikan gurami juga memakan tum-buhan/daun – daunan rata – rata 242,75 karung/siklus atau Rp.813.212,5.

Jumlah pakan yang diberikan harus sesuai dengan ukuran besar ikan semoga pakan yang diberikan tersebut sanggup dikon-sumsi oleh ikan secara utuh. Untuk ikan gurami, jumlah masakan yang diberikan per hari yaitu 11,5 % dari berat ikan seluruhnya dengan rincian 1,5 % berupa pellet dan 10 % berupa daun – daunan. Frekuensi sumbangan pakan ikan yaitu 3 kali per hari, yakni pagi, siang dan sore. Ber-dasarkan standard tersebut, maka kebutuhan pakan berupa pellet dan daun – daunan untuk 500 ekor gurami.

Menurut Suyanto S.R. (2004), banyaknya masakan yang diberikan harus diperhitungkan dengan harga pakan dan nilai produksi ikan yang akan diperoleh. Perhitungan ini penting untuk menghindari kerugian. Beratnya ransum per hari harus diperhitungkan secara cermat. Setiap bak harus dibuatkan tabel pakan sendiri sesuai dengan kepadatan ikan yang dipelihara dan sasaran produksi. Pakan yang diberikan sebaiknya habis dalam 5 menit. Jika pakan tidak habis dalam 5 menit berarti ikan ada gangguan. Gangguan sanggup berupa sera-ngan penyakit, perubahan kualitas air, udara panas, atau telalu sering diberi pakan.

0 Response to "Pemberian Pakan Ikan Gurami"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel