Penyakit Pernafasan Pada Ayam

PENYAKIT PERNAFASAN PADA AYAM

Alat pernafasan ayam

Alat pernafasan ayam terdiri dari tiga komponen penting ialah jalan masuk pernafasan (hidung, sinus hidung,trakhea dan bronkhus), paru-paru dan kantong udara (air sac) . Paru-paru ayam sangat sederhana dan kurang lentur dibandingkan dengan paru-paru binatang mamalia.Oleh lantaran itu, peranan kantong udara dan otot-otot di kawasan perut sangat penting pada ketika meaakukan wangsit dan ekspirasi. Umumnya, unggas mempunyai sembilan kantong udara ialah kantong udara servikalis thorakalis kranialis, thorakalis kaudalis, abdominalis (masing-masing berpasangan) dan kantong udara klavikularis (tunggal) . 

Beberapa kantong udara meluas ke bab dalam tulang atau ke dalam jaringan subkutan. Kantong udara merupakan suatu rongga dengan dinding tipis dan halus, sehingga sulit dikenali sewaktu dalam posisi mengempis. Tetapi kalau terjadi abses kantong udara, biasanya mengalami penebalan dan peradangan (air sacculitis), sehingga mudah/dapat dideteksi sewaktu nekropsi ayam (RALPH SAY, 1987) .

Apabila ditinjau dari aspek pertahanan tubuh, kantong udara ini merupakan titik lemah, lantaran kalau udara di luar terkotori oleh debu, materi kimia tertentu ataupun bibit penyakit, maka cemaran tersebut akan gampang tersebar di dalam badan ternak (INFOVET, 2000) .

Sementara RESSANG (1984) menyebutkan bahwa alat pernafasan merupakan organ badan yang gampang terjangkit penyakit, lantaran adanya kekerabatan pribadi antara lubang/rongga hidung dengan alveoli di dalam paru-paru.

0 Response to "Penyakit Pernafasan Pada Ayam"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel