Pemberdayaan Sumber Daya Insan Dalam Bidang Peternakan

Pemberdayaan Sumber Daya Manusia

a. Diklat / Pelatihan agribisnis domba ekor gemuk

Diklat/pelatihan agribisnis domba ekor gemuk yang dimaksud yaitu pen-didikan training peternak nelayan untuk melatih peternak peserta ternak domba ekor gemuk. Materi training peternak terdiri dari : (a) Pengetahuan ihwal budidaya pemeliharaan ternak; (b) Penge-ahuan ihwal makanan dan kesehatan ternak; (c) Pengetahuan ihwal pena-nganan penyakit; (d) Pengetahuan pe-manfaatan hasil produksi ternak; (e) Analisa perjuangan agribisnis komoditas ternak; (f) Dan lain-lain yang masih diperlukan. Instruktur training peternak berasal dari Dinas Peternakan Propinsi Dati I, Dinas Peternakan Dati II dan instansi terkait yang berada di daerah.

b. Pertemuan, supervisi, penyu-sunan rencana FORKA

Biaya yang disediakan sanggup di-pergunakan untuk supervisi dan pe-nyusunan rencana aktivitas FORKA untuk mengetahui aktivitas yang sedang berjalan dan menyusun rencana tahun anggaran berikutnya.

c. Seleksi peternak anggota KUBA

Calon penggaduh yang ingin men-dapatkan ternak diwajibkan menga-jukan surat permohonan kepada Koperasi. Koperasi membentuk tim seleksi peternak, yang bertugas melaksanakan seleksi peternak calon penggaduh ternak domba ekor gemuk. Berdasarkan laporan dari tim seleksi peternak, ditetapkan calon peng-gaduh domba ekor gemuk. Dana yang disediakan dipergunakan dalam rangka seleksi peternak sebanyak 200 RTP.

d. Seleksi lokasi

Lokasi penyebaran domba ekor gemuk ditentukan lebih dahulu dan lokasi ditetapkan oleh Kepala Dinas Peternakan Dati I atas ajakan Kepala Dinas Peternakan Dati II. 

e. Operasional pengobatan dan penyebaran.

Biaya pada operasional pengobatan dan penyebaran 1 paket sanggup dipakai dalam rangka operasional pengobatan domba ekor gemuk di PPDEG, peternak dan biaya operasional penyebaran ternak ke peternak. Penyebaran ternak dilaksanakan secara sedikit demi sedikit diubahsuaikan dengan domba ekor gemuk yang dibesarkan di PPDEG. Jadwal pelaksanaan aktivitas pusat pe-ngembangan agribisnis komoditi unggulan domba ekor gemuk.

f. Bantuan sangkar dan peralatan

Dana yang disediakan untuk dukungan sangkar dan peralatan untuk 200 RTP yang diberikan kepada penggaduh, dalam bentuk material bangunan kandang, tempat makan, tempat minum, dan lain-lain sesuai dengan kebutuhan.

g. Kartu rekording

Biaya yang disediakan sanggup diper-gunakan pencetakan/ perbanyakan kartu peternak, Berita Acara Penerimaan Ternak, Surat Perjanjian Kredit dan lain-lain.

0 Response to "Pemberdayaan Sumber Daya Insan Dalam Bidang Peternakan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel