Mengenal Bangau Tongtong

 Burung rawa berukuran besar ini termasuk dalam keluarga Ciconiidae Mengenal Bangau Tongtong
Bangau Tongtong mempunyai nama latin Leptoptilos javanicus. Dikenal juga dengan nama Lesser Adjutant. Burung rawa berukuran besar ini termasuk dalam keluarga Ciconiidae. Ciri khas dari keluarga ini ialah mempunyai leher dan kepala tanpa bulu.

Habitat bangau tongtong ialah tempat lembap atau rawa. Mereka ialah jenis burung penyendiri (soliter) kecuali pada ketika demam isu kawin. Penyebaran mereka terbilang sangat luas. Mereka sering ditemukan di sekitaran sungai besar dan danau di dalam wilayah hutan.

Daerah penyebaran bangau tongtong mencakup India bab Timur Nepal, Sri Lanka, Bangladesh, Myanmar, Thailand, Vietnam, Malaysia, Laos, Singapore, Indonesia dan Cambodia. Populasi paling banyak ditemukan di India, tepaynya di sebelah Timur Assam, Bengal Barat dan Bihar. Namun mereka sangat langka di wilayah India bab Selatan.

Bangau Tongtong mempunyai tinggi sekitar 110-120 cm, dengan berat tubuh sekitar 5 kg dan rentang sayap mencapai 210 cm. Meskipun demikian, mereka ialah spesies yang terkecil dalam genus Leptoptilos. Bagian atas tubuhnya dan sayapnya berwarna hitam, namun perut, kalung leher dan bab bawah ekor berwarna putih. Kepala dan lehernya botak, dengan bulu kapas putih halus pada mahkota. Paruhnya berwarna pucat, panjang, dan tebal. Burung muda warnanya lebih kusam daripada burung dewasa.

Makanan bangau tongtong antara lain ikan, kodok, kadal, serangga besar, dan binatang invertebrata besar lainnya. Mereka memakan makhluk yang masih hidup, mereka sangat jarang sekali memakan bangkai. Mereka juga terkadang memangsa burung kecil dan binatang pengerat, terutama selama demam isu kawin.

Meskipun pada hari-hari biasa mereka bahagia hidup menyendiri, pada ketika demam isu kawin mereka akan membentuk sebuah koloni. Musim kawin mereka terjadi sekitar bulan Februari sampai Mei di India Selatan, dan November sampai Januari di India bab Utara.

Sarang burung bangau tongtong terbilang besar dengan diameter mencapai lebih dari satu meter dengan ketebalan mencapai 1 meter juga. Biasanya mereka akan bertelur sekitar 3 sampai 4 butir sebelum dierami. Mereka memang populer tenang, tetapi ketika berada di sarang mereka sering kali menciptakan suara-suara ibarat mencicitkan paruhnya, mendesis atau mengerang.

Menurut data Red List IUCN, populasi bangau tongtong secara global berada pada status "Rentan (VU)".

Referensi : wikipedia

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Bangau Tongtong"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel