Mengenal Burung Manyar, Salah Satu Burung Dengan Sarang Paling Rumit

 Burung jenis ini hidup dan berkembangbiak di wilayah Asia Tenggara Mengenal Burung Manyar, salah satu burung dengan sarang paling rumit
Burung Manyar merupakan jenis burung granivora (pemakan biji-bijian) yang mempunyai nama latin Ploceus manyar. Dalam bahasa Inggris, burung manyar dikenal dengan nama weaver bird (burung penganyam). 

Burung jenis ini hidup dan berkembangbiak di wilayah Asia Tenggara, termasuk di dalamnya, Indonesia. Terdapat setidaknya 4 jenis burung manyar di Asia Tenggara, dimana tiga diantaranya hidup di wilayah Indonesia yaitu manyar jambul (Ploceus manyar), manyar emas (Ploceus hypoxanthus), dan tempua (Ploceus philippinus).

Habitat burung manyar yaitu di kawasan terbuka, menyerupai persawahan, padang rumput, tepian hutan sampai rawa. Burung ini dikenal mempunyai sarang dengan arsitektur yang rumit. Bahkan disebut-sebut sebagai salah satu burung dengan sarang paling rumit.

Hal tersebut dikarenakan dikala ekspresi dominan kawin sarang menjadi sarana pejantan untuk menarik perhatian si betina. Manyar betina akan menilai si jantan menurut 'kesempurnaan' sarang yang dibangunnya. Jika sarang yang si jantan berdiri 'keren', maka sang betina akan mau dikawin.

Uniknya, beberapa jenis sarang burung manyar juga dilengkapi dengan 'pintu palsu' yaitu sebuah lubang yang tampak menyerupai pintu masuk sarang, tetapi sebetulnya itu tidak terhubung dengan ruang tempat telur atau belum dewasa manyar berada. Malahan, justru pintu utamanya tersembunyi. Hal tersebut dirancang untuk mengelabui pemangsa.

Musim kawin burung manyar terjadi sekitar bulan April sampai Oktober. Pada setiap ekspresi dominan kawin, seekor manyar jantan sanggup mengawini lebih dari satu ekor manyar betina.

Populasi burung manyar terbilang aman. Menurut Red List IUCN, populasi burung manyar berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : wikipedia

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Manyar, Salah Satu Burung Dengan Sarang Paling Rumit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel