Mengenal Burung Serindit Sangihe

 Di dunia internasional burung ini dikenal dengan nama  Mengenal Burung Serindit Sangihe
Burung Serindit sangihe mempunyai nama latin Loriculus catamene. Di dunia internasional burung ini dikenal dengan nama Sangihe-hanging Parrot.

Serindit Sangihe umumnya mempunyai warna secara umum dikuasai hijau. Memiliki panjang badan sekitar 13,5 cm. Serindit Sangihe Jantan mempunyai kepala dan mahkota depan yang berwarna merah. Bagian punggung dan mantel bawah berwarna kekuningan; bab dagu dan tenggorokan berwarna merah. Penutup ekor bab atas berwarna merah sampai ujung ekor; epilog ekor bab bawah berwarna jingga atau merah bergaris hijau tipis; tepian ekor hijaunya berwarna merah, mempunyai paruh berwarna hitam, serta bola mata yang berwarna kuning atau putih.

Serindit Sangihe betina mempunyai mahkota yang berwarna hijau; bab kepala depan dan tenggorokannya mempunyai bercak berwarna merah, serta bola matanya berwarna coklat. Sedangkan Serindit Sangihe remaja mempunyai tampilan mirip betina dewasa, tetapi dengan bola mata berwarna coklat pucat.

Habitat burung Serindit Sangihe ialah di hutan primer dan sekunder, tepian hutan, hutan tebas pilih,  hutan mangrove yang tinggi, dan terkadang terlihat juga di perkebunan kelapa. Secara geografi mereka menghuni daratan sampai ketinggian 450 m di atas permukaan laut.

Burung Serindit Sangihe merupakan burung endemik Pulau Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara. Namun mereka juga ada yang ditemukan di Halmahera. Burung ini sering berkeliaran secara berpasangan atau dalam sebuah kelompok kecil di kawasan pohon berbunga, alasannya ialah makanan utama burung Serindit Sangihe ialah nektar bunga.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung Serindit Sangihe berada pada status "Hampir Terancam (NT)". Status perdagangan internasional burung ini ialah Apendix II. Artinya boleh diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Serindit Sangihe"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel