Mengenal Burung Serindit Maluku

 Di dunia internasional dikenal dengan nama  Mengenal Burung Serindit Maluku
Burung Serindit Maluku mempunyai nama latin Loriculus amabilis. Di dunia internasional dikenal dengan nama Moluccan Hanging Parrot. Burung ini masih termasuk keluarga burung beo dan merupakan burung endemik Maluku Utara.

Burung Serindit Maluku mempunyai panjang badan sekitar 11 cm, mempunyai warna lebih banyak didominasi hijau dengan tunggir berwarna merah. Untuk Serindit Maluku Jantan mempunyai dahi, mahkota, penutur ekor bab atas, dan bercak di tenggorokan yang berwarna merah. Selain itu, paruhnya berwarna hitam, dan matanya berwarna kuning atau putih.

Untuk Serindit Maluku Betina, mempunyai mahkota berwarna hijau, bab tenggorokan dan dahinya mempunyai bintik-bintik berwarna merah, serta mempunyai mata berwarna cokelat. Untuk Serindit Maluku Remaja, bercak di tenggorokannya berwarna kuning dengan mata berwarna cokelat pucat.

Habitat utama Burung Serindit Maluku ialah di hutan primer dan sekunder dataran rendah sampai mencapai ketinggian 450 m di atas permukaan laut. Namun mereka juga sanggup ditemui di tempat mangrove, sepanjang tepian hutan, dan bahkan di sekitar perkampungan.

Burung jenis ini sering berkeliaran sendirian, berpasangan, ataupun dalam sebuah kelompok kecil. Mereka lebih banyak menghabiskan waktu di atas pepohonan berbuah dan berbunga yang tinggi yang terdapat di hutan.

Daerah Penyebaran Burung Serindit Maluku terbatas hanya di Maluku Utara, yaitu mencakup Halmahera, Morotai, Bacan, dan Kasiruta. Red List IUCN menetapkannya pada status "Resiko Rendah (LC)". Sedangkan status perdagangan internasionalnya ialah Appendix II, yaitu sanggup diperjualbelikan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Serindit Maluku"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel