Mengenal Ayam Pelung, Ayam Penyanyi Dari Cianjur

 Ayam ini berbeda dengan jenis ayam kebanyakan Mengenal  Ayam Pelung, Ayam Penyanyi Dari Cianjur
Ayam pelung merupakan ras ayam orisinil Indonesia, tepatnya tempat Cianjur, Jawa Barat. Ayam ini berbeda dengan jenis ayam kebanyakan. Jika kebanyakan ayam dipilih menurut penampilan fisiknya, ayam ini justru dipilih menurut bunyi kokokannya. Yup, ayam pelung merupakan jenis ayam hias, bukan ayam potong, apalagi ayam aduan.

Ayam pelung mempunyai bunyi kokokan yang khas. Suara kokokannya terdengar panjang dan berirama. Namun tidak semua ayam pelung mempunyai kokokan yang berirama. Hanya ayam pelung jantan saja yang bisa berkokok dengan berirama.

Ayam pelung mempunyai ukuran badan yang tidak mengecewakan besar dengan bulu yang berkilau. Ayam pelung sampaumur mempunyai tinggi sekitar 40-50 cm dengan berat sekitar 4-5 kg. Tidak ada standar khusus mengenai penampilan fisik ayam jenis ini, tetapi ada standar bagi kokokannya.

Ayam pelung mulai ditangkarkan skeitar tahun 1850. Konon orang pertama yang menangkarkan ayam pelung ialah seorang tokoh agama yang juga seorang petani yang berjulukan H. Djarkasih (Mama' Acih) yang merupakan warga Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur. Diperkirakan ayam jenis ini merupakan hasil kawin silang antara ayam jantan muda yang mempunyai kokokan panjang dengan ayam betina biasa.

Ayam pelung tidak hanya populer di Indonesia saja loh. Bahkan Pangeran Naruhito dari Jepang yang merupakan penggemar ayam ras, waktu berkunjung ke Indonesia begitu tertarik dengan ayam asal Cianjur ini dan membawa beberapa ekor ayam pelung ke Jepang untuk dibiakkan di sana.

Saat ini kontes ayam pelung menjadi acara rutin di kalangan pecinta-pecintanya. Dan harga ayam pelung berapa coba??? Harga anakan ayam pelung biasa yang berumur 1 bulan sudah mencapai 100 ribu sepasang. Untuk anakan ayam pelung anggun yang berusia 1 bulan harganya 200 ribu. Bayangkan saja, berapa kira-kira harga ayam pelung sampaumur yang sudah jadi, apalagi hingga memenangkan kontes???

Refrensi : wikipedia dan caramerawatayampelung.blogspot.com

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Ayam Pelung, Ayam Penyanyi Dari Cianjur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel