Mengenal Burung Hantu Hingkik (Bubo Sumatranus)

 Di dunia internasional dikenal dengan nama  Mengenal Burung Hantu Hingkik (Bubo sumatranus)
Hingkik atau Beluk Jampuk mempunyai nama latin Bubo sumatranus. Di dunia internasional dikenal dengan nama Barred Eagle Owl, atau sering juga disebut dengan Malay Eagle Owl. Burung hantu jenis ini merupakan salah satu jenis burung hantu yang sanggup ditemukan di Indonesia.

Hingkik mempunyai badan yang tergolong besar dengan panjang sekitar 45 cm. Ciri khas Hingkik yaitu mempunyai bulu berwarna abu-abu bau tanah dengan berkas pendengaran horizontal mencolok, badan bab atas berwarna coklat kehitaman, seluruhnya bergaris kuning bau tanah halus, dan mempunyai alis berwarna putih. Tubuh bab bawahnya berwarna abu-abu keputihan bergaris hitam tebal.

Habitat hingkik yaitu di hutan tropis dan sub tropis dataran rendah dengan ketinggian sampai 1000 m di atas permukaan laut. Makanan utama Hingkik antara lain serangga besar, mamalia kecil, reptil, ikan-ikan kecil dan burung-burung kecil. Mereka yaitu hewan nokturnal dan biasanya berkeliaran sendirian atau berpasangan. Yang unik dari Hingkik yaitu mereka bahagia mandi di bak atau sungai.

Daerah penyebaran Hingkik antara lain di Pulau Keeling, Brunei, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Singapura, dan Thailand. Di Indonesia sendiri Hingkik sanggup ditemukan di wilayah Kalimantan, Sumatera, Bangka, Jawa dan Bali.

Hingkik mempunyai satu pasangan seumur hidup. Dan mereka akan kembali ke sarang yang sama dari tahun ke tahun dikala ekspresi dominan kawin tiba. Sarang mereka biasanya berupa lubang di sebuah pohon besar. Dalam sekali ekspresi dominan kawin, mereka hanya akan menghasilkan satu telur sebelum dierami. 

Di Jawa, telur hingkik sanggup ditemukan sekitar bulan Februari dan April, dan sudah ada anakannya sekitar bulan Mei dan Juni. Di Sumatera, ditemukan anakan hingkik di sarangnya sekitar bulan Maret dan Mei. Di Kalimantan, anakan hingkik terlihat sekitar bulan Februari dan Maret.

Menurut data Red List IUCN, populasi hingkik berada pada status "Resiko Rendah (LC)".

Referensi : owlpages.com dan wikipedia

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Hantu Hingkik (Bubo Sumatranus)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel