Mengenal Burung Perkici Dora

 dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama  Mengenal Burung Perkici Dora
Burung Perkici Dora mempunyai nama latin Trichoglassus ornatus dan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama Ornate Lorikeet. Burung ini termasuk salah satu spesies burung endemik Indonesia.

Perkici dora remaja mempunyai panjang badan sekitar 23 sampai 25 cm, Memiliki mahkota dan bercak pendengaran berwarna biru lembayung. Bagian pipi, tenggorokan sampai dada berwarna merah. Terdapat bercak leher berwarna kuning, serta mempunyai ekor yang tidak mengecewakan panjang dan berbentuk runcing.

Habitat burung perkici dora ialah di wilayah hutan sekunder dataran tinggi, hutan pesisir, hutan mangrove, hutan rawa, pinggiran hutan, perkebunan kelapa, dan juga lahan budidaya yang jumlah pohonnya sedikit dengan ketinggian sampai 1.770 m di atas permukaan laut.

Daerah penyebaran burung perkici dora ialah di wilayah Subkawasan Sulawesi yang mencakup Kepulauan Talaud, Sangihe, Bangka, Manterawu, Kepulauan Togian, Muna, Butung, Kepulauan Tukangbesi (Kaledupa) dan Kepulauan Banggai.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung perkici dora berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya ialah "Appendix II", sehingga masih sanggup diperdagangkan asalkan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : kutilang.or.id

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Perkici Dora"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel