Mengenal Burung Nuri Telinga-Biru

 Burung ini mempunyai banyak nama lain ibarat  Mengenal Burung Nuri Telinga-Biru
Burung Nuri Telinga-Biru mempunyai nama latin Eos semilarvata. Burung ini mempunyai banyak nama lain ibarat Ceram Lory, Half-masked Lory atau Seram Lory. Burung ini merupakan salah satu burung endemik Indonesia.

Nuri Telinga Biru merupakan spesies burung yang paling kecil dalam genus Eos. Panjang badan mereka hanyalah sekitar 24 cm. Burung ini mempunyai bulu mayoritas berwarna merah dengan bab pipi, dahi, dan pendengaran berwarna biru. Bulu bab perut dan ekor bawahnya berwarna biru keunguan. Sementara sayapnya bergaris hitam. Burung yang sudah cukup umur mempunyai paruh berwarna orange, sementara yang masih muda paruhnya berwarna pink.

Habitat burung nuri telinga-biru ialah di Pulau Seram, maluku, dengan ketinggian antara 1.600 sampai 2.400 m di atas permukaan laut. Namun terkadang ditemukan juga spesies yang hidup sampai ketinggian yang hanya sekitar 800 mdpl.

Burung nuri telinga-biru makan di pohon berbunga, dan biasanya berkeliaran dalam sebuah kawanan kecil. Meskipun daerah penyebaran burung nuri pendengaran biru sangat terbatas, tetapi populasi nuri telinga-biru masih tergolong belum mengkhawatirkan.

Menurut data Red List IUCN, populasi burung nuri telinga-biru berada pada status "Resiko Rendah (LC)". Sementara status perdagangan internasionalnya ialah "Appendix II", sanggup diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu.

Referensi : wikipedia

Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Nuri Telinga-Biru"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel