Mengenal Burung Hantu Celepuk Sangihe

 salah satu burung hantu kecil endemik Indonesia ini dikenal dengan nama  Mengenal Burung Hantu Celepuk Sangihe
Celepuk sangihe, P. Sangihe, Sulawesi Utara © James Eaton
Burung hantu celepuk sangihe mempunyai nama latin Otus collari. Dalam bahasa Inggris, salah satu burung hantu kecil endemik Indonesia ini dikenal dengan nama Sangihe Scops Owl.

Celepuk Sangihe sampaumur panjang tubuhnya hanya sekitar 19,5 cm dengan bulu berwarna mayoritas cokelat kusam, dengan mata berwarna jingga atau kuning. Secara penampakannya, burung ini terlihat seolah-olah dengan celepuk Sulawesi.

Daerah penyebaran celepuk sangihe hanyalah terbatas di Pulau Sangihe, Sulawesi Utara. Habitat burung hantu celepuk sangihe yakni di wilayah dataran rendah sampai tepi hutan di puncak Gunung Sahengbalira. Namun secara keseluruhan, burung ini tersebar luas di Pulau Sangihe.

Diperkirakan makanan utama celepuk sangihe sama dnegan celepuk-celepuk lainnya yaitu serangga dan binatang-binatang kecil lainnya.

Populasi celepuk sangihe berdasarkan data Red List IUCN berada pada status "Resiko Rendah (LC)", dengan status perdagangan internasional "Appendix II", sanggup diperdagangkan dengan mengikuti peraturan tertentu yang berlaku.

Referensi : kutilang.or.id


Sumber http://burungue.blogspot.com

0 Response to "Mengenal Burung Hantu Celepuk Sangihe"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel