Cara Mencukur Bulu Domba (Wool)

MENCUKUR BULU WOOL
Alat gunting cukur elektronik, gunting cukur manual (gunting cukur biasa)
Bahan yodium tinetur 10% dan kapas

Informasi pokok
Pencukuran dilakukan 1 tahun sekali pada waktu animo kemarau ter4utama pada domba wool untuk menghasilkan wool ang harga jualnya tinggi, sedangkan untuk domba bukan type wool biasanya pencukuran dilakukan 4 bulan sekali.

Pencukuran dilakukan sengan hati-hati semoga tidak meimbulkan luka guntingan. Sebaiknya hasl pengguntingan wool tidak berptong-potong berserakan, tetai merupakan lapisan wool yang ibarat tikar yang nantinya bisadigulung. Untuk domba bukan type wool pencukuran ditujukan untuk pemeliharaan kesehatan kuit, semoga benalu yang melekat pada kulit gampang diberantas, pencukuran sanggup dilakukan berdasarkan kebutuhan. Jalannya pencukuran diubahsuaikan dengan cara pengendalian ternak oleh kita.

Sebagai pola kalau ternak dirobohkan maka pencukuran dilakukan didaerah paha(kaki) hingga keatsa (daerah punggun)selanjutnya dimulai kembali tempat bawah perut mengarah ke atas dan seterusnya serjalan mirip itu, setelah kita menyelsaikan satu bab dari tubuh ternak maka ternak kita balikan dan langkah kerjanya mirip pencukuran semula. Sedangkan pencukuran dengan cara bangun jalannya pencukuran dimulai dari tempat perut bawah kesamping tubuh ternak menyeluruh dan berakhir pada bab perut lagi.

 Alat                        gunting cukur elektronik CARA MENCUKUR BULU DOMBA (WOOL)


Tujuan pencukuran bulu
Menghindari penyakit (bersarangnya parasit)
Hargajual tinggi
Ternak selalu sehat

Informasi penunjang
Diusahakan sebelum pencukuran bulu, ternak dimandikan terlebihdahulu semoga pencukuran tidak mengalami kesulitan. Pencukuran dilakukan sependek-pendeknya. Bila terjadi luka karna gunting segera olesi luka itu dengan yodiumtictur 10%

 PERSIAPAN KERJA
Siapkan alat-alat dan bahan
Kuasi ternak/kendalikan

Lakukan pencukuran bulu / wool dengan cara bangun atau duduk 
Dimulai dari tempat perut kesamping kiri tubuh ternak kedaerah punggung kearah kepala dan ekor terus kesamping kanan berakhir didagian perut sebelah kanan kembali.

0 Response to "Cara Mencukur Bulu Domba (Wool)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel