Cara Pemeliharaan Dan Pembesaran Ikan Mas

Pemeliharaan Pembesaran

Pemeliharaan pembesaran sanggup dilakukan secara polikultur maupun monokultur.

a. Polikultur

Ikan mas sanggup dipelihara secara polikultur atau bersama ikan-ikan lain. Asalkan dengan ikan yang beda pakan alami. Ikan mas sanggup digolongkan sebagai ikan karnivora. Karena itu, ikan sanggup dipelihara dengan ikan herbivora, menyerupai gurame dan grass carp dan dengan ikan pemakan plankton, menyerupai tambakan dan mola.


Ikan mas juga sanggup dipelihara dengan ikan pemakan klekap, menyerupai bandeng. Dengan polikultur atau pemeliharaan adonan pakan alami dalam kolam semuanya sanggup dimanfaatkan. Teknik pemeliharaan akan dibahas secara khusus.

ikan mas 50%, ikan tawes 20%, dan mujair 30%, atau

 ikan mas 50%, ikan gurame 20% dan ikan mujair 30%.


b) Monokultur

Pemeliharaan sistem ini merupakan pemeliharaan terbaik dibandingkan dengan polikultur dan pada sistem ini dilakukan pemisahan antara induk jantan dan betina.

1) Pemupukan


Pemupukan dengan kotoran sangkar (ayam) sebanyak 250-500 gram/m2, TSP 10 gram/m2, Urea 10 gram/m2, kapur 25-100 gram/m2. sesudah itu kolam diisi air 39\0-40 cm, biarkan 5-7 hari dekeringkan. Kemudian semprotkan Migro Tambak (campur air secukupnya) dengan takaran 20ml/100m2, biarkan selama 1 hari Kemudian masukan air dengan ketinggian 5-10cm. Setelah 7 hari kemudian, air ditinggikan sekitar 60 cm, berikan kembali Migro Tambak dengan takaran 0,02 ppm (2 liter per hektar). Padat penebaran ikan tergantung pemeliharaannya. Jika hanya Mengandalkan pakan alami dan dedak, maka padat penebaran ialah 100-200 ekor/m2, sedangkan jika diberipakan pellet, maka penebaran ialah 300-400 ekor/m2 (benih lepas hapa). Penebaran dilakukan pada pagi/sore hari ketika suhu rendah.


2) Pemberian Pakan
 Pemeliharaan pembesaran sanggup dilakukan secara polikultur maupun monokultur CARA PEMELIHARAAN DAN PEMBESARAN IKAN MAS

Dalam pembenihan secara intensif biasanya diutamakan pinjaman pakan buatan. Pakan yang berkualitas baik mengandung zat-zat makanan yang cukup, yaitu protein yang mengandung asam amino esensial, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Perawatan larva dalam hapa sekitar 4-5 hari. Setelah larva tidak melekat pada kakaban (3-4 hari kemudian) kakaban diangkat dan dibersihkan. Pemberian pakan untuk larva, 1 butir kuning telur rebus untuk 100.000 ekor/hari. Caranya kuning telur dibentuk suspensi (1/4 liter air untuk 1 butir), kuning telur diremas dalam kain lalu diberikan pada benih, perawatan 5-7 hari. Pemberian pakan pada kolam pembesaran, supaya pakan buatan yang diberikan sanggup terserap oleh badan ikan secara optimal maka, perlu di berikan probiotik Migro Suplemen / MiG Ternak yang dicampurkan pada pakannya dengan takaran 10ml migro aksesori : pakan buatan sebanyak 3 kg. berikan 1-2 kali sehari.


3) Pemeliharaan Kolam/Tambak

 Pemeliharaan pembesaran sanggup dilakukan secara polikultur maupun monokultur CARA PEMELIHARAAN DAN PEMBESARAN IKAN MAS

Dalam hal pemeliharaan ikan mas yang dilarang terabaikan ialah menjaga kondisi perairan supaya kualitas air cukup stabil dan higienis serta tidak tercemari/teracuni oleh zat beracun.


 Pemberian Migro Tambak ketika pemeliharaan

Fase Pemeliharaan (Pembesaran)

Berikan Migro Tambak secara merata pada permukaan air tambak/kolam sebanyak 0,02 ppm (2 liter per hektar). Adapun frekuensi pemberiannya setiap 2 (dua) ahad sekali.

0 Response to "Cara Pemeliharaan Dan Pembesaran Ikan Mas"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel