Penyakit Alasannya Benalu Pada Ikan

Penyakit alasannya yakni Parasit

Sangat sedikit benalu yang mematikan ikan, tetapi ikan yang terjangkit akan ditolak oleh nelayan dan konsumen.

Kadang benalu menimbulkan jerawat serius :

1. Populasi ikan yang tinggi

2. Parasit yang menimbulkan jerawat serius bergantung pada populasi, spesies ikan.


Taksonomi benalu ikan

1. Phylum protozoa, Subphylum Sarcomastigophora

2. idem Platyhelminthes

3. idem Aschelminthes

4. idem Acanthocephla

5. idem Mollusca

6. idem Arthropoda

7. idem Annelida

8. idem Chordata


Siklus hidup parasit

Pada inang mediator benalu masih larva /juvenil. Ikan sebagai inang mediator (intermediate) dan tamat host. 


Parasit pada sistem pencernaan

Protozoa, hampir semua merupakan benalu pada permukaan luar dan sistem pencernaan ikan. Mulai dari mudah ektokomensal bila banyak hingga mengganggu fungsi kulit. Juga sebagai obligat benalu kulit dan epitelium insang. Mis, Sarcodina Thecamoeba sp. eksoparasit dr insang rainbow rout, chinook salmon dan coho salmon fry. 

Mastigophora, mrpk benalu yang berbahaya pada ikan laut, menyerang kulit dan insang yg disebut “velvet disease”. Amyloodinium menempel dan menyerang sel epithelial, sedangkan Oodinium menyerang ikan subtropis dan tropis. Bbrp flagellata dilaporkan terlihat pada darah, kulit dan insang. Cryptobia dilaporkan menyerang kulit rainbow trout dan menjadikan maut yang tinggi. Ichthyobodo necatrix (Costia necatrix) menimbulkan kerugian dan menimbulkan costiasis.

Ichthyophthirius multifillis menimbulkan penyakit bintik putih pada ikan air tawar dan tersebar dimana-mana. Parasit menyerang epidermis, sirip dan insang tetapi juga diketemukan pada kornea, buccal dan oesophageal epithelia. Gampang diketahui dengan hapusan alasannya yakni ukurannya dan bentuk makronukelusnya menyerupai sepatu. Cryptocaryopn irritans menimbulkan luka pada sistem pencernaan ikan tropis laut. Infeksi berat pd suhu 20°C menimbulkan maut pada ikan akuarium. Chilodonella mrpk benalu air tawar, dan menyerang ikan mas pada bak di musin dingin. Brooklynnella dpt menimbulkan luka pd insang di akuarium laut.

Vorticella dan Epistyllis sanggup menempel pd permukaan telur, sedangkan Gyrodactylus menimbulkan luka pd kulit.

Metazoa termasuk didalamnya yakni monogenea, larval digenea, crustacea, larval mollusk, leeches dan lamprey ditenukan pada kulit, sirip dan insang. Kadang gampang dilihat dgn mata telanjang. Gyrodactylus dan Gyrodactyloides menimbulkan kerugian pada marine dan fresh water, diketemukan pd insang, sirip dan kulit. 


Parasit pada system vascular

Protozoa yg populer yakni trypanosoma (flagella satu) dan cryptobias (dua flagella). Menular melewati blood sucking leeches. Cryptobia cyprini menimbulkan anemia dan penyumbatan kapiler ikan mas.


Parasit pada mata

Myxosoma hoffmani menyerang sclera ikan air tawar, Myxosoma scleroperca menyerang organ yg sama ikan perch, Myxobolus couesii menyerang iris. Pd maritim Glugea punctifera menyerang jaringan penghubung dan eye musculature. Diplostomum, Tylodelphys dan Apatemon diketemukan pd mata ikan. 


Parasit pada sistem syaraf pusat

Myxobolus neurobius menyerang nerve axon, Myxobolus encephalica menyerang otak ikan mas walaupun kedua benalu tsb tdk menimbulkan kerugian. Nosema lopii penyebab hypertrophy pd sel ganglion pd angler fish, pd stadium lanjut menimbulkan tumor. 


Parasit pd system rangka 

Myxosoma cartilaginis menyerang pd tlg rawan di pangkal sirip dan gill arch. Myxobolus aeglefini menimbulkan abrasi dan hypertrophy dr cranial cartilage. Myxosoma cerebralis menyerang tlg rawan kepala ikan salmon yg disebut dgn whirling disease. 


Parasit pd viscera dan musculature

Yg terpenting yakni Myxosporidia dan Microsporidia. Myxosporidia Ceratomyxa shasta diketemukan pd juvenil ikan salmon. Nodule pd gut, hati, ginjal, limpa dan otot. Pleistophora cepedianae menyerang body cavity juvenil shad. Glugea hertwitgi menyerang body cavity dan viscera. 


Parasit pada akses pencernaan

Schizamoeba salmonis menyerang stomach trout sedangkan Hexamita menyerang gut. 


Zoonosis : Parasit ikan dan manusia

Bbrp larva benalu air tawar atau marine sanggup menular bila dimakan mentah dan dimasak tdk sempurna, dan biasanya insan sbg normal tamat host. Opisthorchis tenuicollis dan O. sinensis cukup umur diketemukan pd empedu mamalia pemakan ikan termasuk manusia. Menyebar di Asia, telur keluar dr inang mamalia lewat faeces dan harus masuk gastropod mollusk. Cercariae yg keluar dr moluska menginfeksi ikan air tawar dan encyst dibawah kulit. Heterophyes heterophyes benalu insan di Timteng dan Asia. Metagonimus yokogawai ada di Timur Jauh dan Baltik. Cryptocotyle lingua dan Nanophyetus salminicola juga diketemukan pd manusia. Kontrol sussah bila masy memp kebiasaan makan ikan mentah. Tetapi mati bila dimasak matang dan deep freezing. Tapeworm Dpphyllobothrium latum menginfeksi di kawasan Baltik dan Great Lake Amerika Utara. Mati bila dimasak tepat dan deep freezing. D. dendriticum juga ada di USSR dan Eropa. Lainnya yakni D. dalliae di Alaska dan D. facificum di Peru sedangkan Diplogonoporus grandis diketemukan pd perairan Jepang. 

Dioctophyma renale diketemukan pd ginjal pemakan daging dan manusia. Anisakis sp. banyak menginfeksi manusia. Phocanema sp. dan Contracaecum sp. juga diketemukan. Nematoda tdk cukup umur pd insan ttp dpt menimbulkan eosenophilic granuloma dr dinding sel perut. Sering terjadi di jepang dan mati pd pemanasan 60ºC atau deep freezing -20ºC. 

Di Timur Jauh mis di Thailand dan Jepang nematoda Gnathostoma spinigerum benalu penting pd manusia. Cacing cukup umur diketemukan pd stomach Felidae, raccoon dan anjing. 

Larva nematoda Angiostrongylus cantonensis menimbulkan eosinophilic meningitis di Timur Jauh dan Pacific. Capillaria phillippinensis menular lewat ikan air tawar.

0 Response to "Penyakit Alasannya Benalu Pada Ikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel