Penyakit Virus Pada Salmon

Penyakit Virus Pada Salmon

Infectious Pancreatic Necrosis Virus (IPNV)

Virus pada ikan air tawar, penyakit systemic, mematikan pada salmon muda. Ikan menjadi hitam, pembengkakan mata, perut membesar, insang pucat.

Viral Hemorrhagic Septicemia

VHS menyerang juvenil, setengah dewasa, dewasa,ttp ikan muda lebih susceptible thp penyakit. Ikan yang hidup menjadi carrier, tetapi penularan vertikal belum terbukti. Ikan sakit berwarna hitam dengan mata membengkak. Pendarahan pada mata dan sirip. Liver berwarna pucat/grey, ginjal sangat merah

Infectious Hematopoietic Necrosis

IHN menyrang fry, dengan mortalitas 100%. Infeksi terjadi pada 12ÂșC. Ikan menjadi hitam dan kedua matanya bengkak. Insang berwarna pucat, pendarahan pada pangkal sirip.

Erythrocytic Inclusion Body Syndrome

Dikenal dengan Pacific Anemia Virus menyerang coho dan chinnok salmon. Hematocrit rendah, sanggup menular dengan cohabitasi.

Herpesvirus Salmonis Disease

Penyakit pada rainbow trout dan steelhead. Ikan berbaring didasar, berwarna hitam, kedua mata membengkak, insang pucat dan perut membesar.

Oncorhynchus Masou Virus

Kematian tinggi pada ikan muda, ttp neoplastik pada ikan dewasa. Neoplasma terjadi pada ikan remaja yang survive. Tumor pada mulut, ttp pada sirip, tutup insang, permukaan tubuh, kornea dan kadang pada ginjal.

0 Response to "Penyakit Virus Pada Salmon"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel