Ciri Ciri Pejantan Lembu Yang Baik

Ciri-ciri sapi yang baik tidaklah sulit untuk menentukan seekor anak sapi sehat dan baik asalkan kita memahami beberapa gejala dasar kesehatan hewan khususnya ternak ruminansia. Sapi yang sehat belum tentu baik untuk dipelihara, tapi sapi yang baik sudah niscaya saapi yang sehat. Kenapa demikian? Sebab dalam perjuangan ternak kita harus memperhitungkan untung dan rugi, contohnya seekor anak sapi yang sehat namun sapi tersebut keturunan sapi pesisir yang relative ukuran badannya kecil, maka dalam hitung untung rugi anak sapi yang sehat tersebut kurang baik untuk dipelihara.

Dasar-dasar kesehatan ternak menyebutkan beberapa poi perihal gejala sapi yang sehat, diantaranya: sapi tersebut tepat secara fisik, gerakan lincah dan respon aktif terhadap suara dan gerakan benda, bulu higienis dan tidak berdiri. Dan dalam ilmu perjuangan ternak dijelaskan bahwa ternak yang baik untuk dipelihara ialah bakalan ternak yang mempunyai kecepatan pertumbuhan yang cepat, jikalau untuk sapi dikategorikan pertumbuhannya cepat bila pertambahan berat tubuh harian diatas 0,7 Kg per hari.


ciri sapi yang baik tidaklah sulit untuk menentukan seekor anak sapi sehat dan baik asalka Ciri Ciri Pejantan Lembu Yang Baik


Ciri sapi yang baik dilihat dari sempurnanya bentuk tubuh, yang perlu diperhatikan disini ialah organ terluar sapi, anak sapi dikatakan tepat bila lengkap semua anggota tubuh dan tumbuh secara normal, normalnya anggota tubuh setiap ternak mempunyai perisip simetris untuk anggota tubuh yang berpasangan seperti; kedua kaki depan tumbuh secara simetris begitu juga dengan kaki belakang anak sapi, pendengaran kiri dan kanan tumbuh secara simetris, begitu juga dengan mata kedua lobang hidung dan lainnya yang berpasangan. 

Untuk anggota tubuh yang tunggal sanggup dikatakan normal bila tumbuh dengan semestinya, misalkan punuk anak sapi ongole minimal tingginya sejajar dengan kepala, salah satu ciri anak sapi jantan yang baik ialah mempunyai ekor melampaui lutut, dan untuk sapi jantan lepas sapih ujung bulu ekor mencapai mata kaki belakang. Hubungan panjang ekor sangat dekat dengan kesehatan ternak. Semakin panjang ekor sapi maka semakin luas jangkauannya untuk mengusir serangga yang merugikan terhadap perkembangan tubuh.

Saat membeli anak sapi usahakan sanggup melihat kotoran anak sapi tersebut, dan Tanya detail perihal kotoran anak sapi tersebut di dalam kandang, seberapa banyak setiap pagi. Juga perhatikan cara anak sapi tersebut dalam memakan hijauan masakan ternak, apakah memilih-milih hijauan atau tidak. Jika hal-hal yang disebutkan ini sudah anda perhatikan dengan baik dan terlihat normal maka anda sudah sanggup memprediksi apakah anak sapi tersebut layak untuk dipelihara atau tidak.

Jika anda masih kurang memahami bebrapa hal di artikel ini silahkan tanyakan melalui komentar, dan bila anda mempunyai gosip pelengkap perihal cirri-ciri sapi yang baik dengan bahagia hati aku akan mendapatkan gosip tersebut dan mencantumkannya di dalam blog Tips Dan Cara Beternak ini.

0 Response to "Ciri Ciri Pejantan Lembu Yang Baik"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel