Hijauan Makanan Ternak Yang Bermutu

Yang dimaksud dengan HMT atau hijauan makanan ternak yaitu hijauan atau rumpu-rumputan yang mempunyai angka kecukupan gizi yang sempurna untuk ternak ruminansia, tidak semua rumput sanggup dikategorikan hijauan makanan ternak. Untuk itu peternak perlu menanam sendiri rumput-rumput unggul yang dikategorikan sebagai HMT tersebut. Beberapa jenis HMT ini ada yang berasal dari Indonesia dan banyak juga yang didatangkan dari luar negeri dan dikembangakan di Indonesia.

Pakan yaitu sumber gizi bagi ternak dan pakan ini merupakan kebutuhan primer satu-satunya pada ternak berbeda dengan insan yang mempunyai tiga kebutuhan primer, Pakan ini mempunyai kegunaan untuk pertumbuhan serta produksi. Pakan yang sanggup dikategorikan HMT yaitu rumput atau hijkauna yang mempunyai nilai kandungan gizi yang cukup sesuao kebutuhan ternak khususnya ruminansia. Secara garis besar pakan ternak ruminansia sanggup dibedakan menjadi dua yangni pakan serat dan pakan penguat, pakan serat ini diataranya dalah rumput (HMT) dan penguat yaitu konsetrat. HMT sebaiknya dipotong pada usia yang tepat, lantaran kalau Hijauan makan ternak tersebut terlalu renta maka kualitasnya akan semakin buruk.
Beberapa rumput unggul yang sanggup diguanakan untuk hijauan makanan ternak ruminansia :

Rumput Benggala atau bahasa latinnya Panicum maximum, ciri-cri rumput ini diantaranya; Tingginya sanggup mencapi 2 meter, berbulu dan disukai oleh ternak.

Rumput Gajah atau bahsa latinnya Pennisetum purpureum, dengan ciri-ciri yang hampir sama dengan rumput benggala hanya saja daun rumput gajah lebih lebar serta bulu yang lebih sedikit

Setaria rumput ini lebih pendek dari kedua rumput diatas, kelebihan dari rumput ini gampang dikembang biakkna didaerah kering sekalipun dan sangat disukai oleh ternak.

Rumput raja atau sering juga disebut dengan King Grass, rumput ini menyerupai dengan rumput gajah hanya saja rumput raja ini mempunyai bulu yang lebih sedikit daripada rumput gajah dan tidak berbunga. 

Cara menyesuaikan penanaman Hijauan makan ternak ini dengan mauknya ternak ke sangkar atau perenakan harus di perhatikan, sebaiknya sebelum ternak dimasukkan ke peternakan rumput sudah ditanam sebulan sebelumnya sehingga ketika ternak(sapi, kerbau atau kambing) masuk ke peternakan peternak tidak kebingungna lagi mencari makan untuk ternak mereka. 

Bibit hijauan makan ternak yang telah kita sebutkan diatas; rumput gajah, benggala, raja dan setaria kini ini sangat gampang didaptkan, sudah banyak masyarakat yang menanam rumput ini untuk makanan ternak mereka. Sebaiknya peternak memanfaatkan semua lahan kosong untuk dijadikan sebagai tempat menanam makan ternak ini, diantaranya menyerupai halaman atau pekarangan rumah, pagar sawah atau ladang atau pinggir jalan menuju ladang peternak, selain di tempat-tempat yang memang khusus disediakan untuk menanam makanan ternak ini. 

Saat ini tidak sedikit masyarakat yang malah mengakibatkan hijauan makanan ternak ini sebagai perjuangan sampingan, mereka secara khusus menanam rumput unggul ini dan menjualnya kepada para peternak ruminansia. Memang bisnis hijauan makanan ternak ini sanggup dikatakan salah satu bisnis yang menjanjikan lantaran untuk merawat rumput unggul ini tidak diharapkan perlakuan khusus. Umumnya semua rumput unggul ini mempunyai sifat rumput kebanyakan yakni sangat gampang tumbuh dimana saja bahkan tanpa adanya pemupukan sekalipun. Harga hijauan makanan ternak ketika in tidak sanggup dibilang murah lantaran per 25 Kg dijual dengan harga Rp.10.000,- ini berarti untuk satu ekor sapi sampaumur diharapkan biaya pakan minimal Rp. 10.000/ hari

Semoga bermanfaat bagi pembaca Trims.....

0 Response to "Hijauan Makanan Ternak Yang Bermutu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel