Ternak Ayam Kampung Untungnya Besar

Budidaya ternak ayam kampung sanggup dikatakan perjuangan ternak yang paling gampang dan menarik, gampang lantaran perawatan ayam kampung lebih sederhana dibandingkan dengan budidaya ternak ayam broiler.Menariknya budidaya ternak ayam kampubg ini terletak pada harga, dimana harga ayam kampung selalustabil dan cenderung naik berbeda dengan ayam broiler dimana harganya sangat fluktuatif.Budidaya ayam kampung super ataupun biasa sanggup dilakukan dengan sederhana atau skala kecil dengan jumlah ternak < 50 ekor per periode. Tahapan dalam memulai beternak ayam kampung ini sebagai berikut:

Perencanaan
 Sebelum memulai budidaya ayam kampung pedaging sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu dasar-dasar ilmu ternak ayam scara garis besar, semua jenis perjuangan mempunyai resiko kegagalan, begitu juga dengan perjuangan ayam kampung, resiko paling berat yaitu resiko kematian. Beberapa hal yang paling sering menjadikan maut mendadak pada ayam kampung yaitu lantaran penyakit ibarat gumboro dan flu burung. Kandang ternak ayam sebaiknya jauh dari pemukiman atau rumah anda, jarak sangkar ternak ayam dengan pemukiman standarnya minimal 1 Km, mungkin syarat ini terlalu berat sehingga sering sekali diabaikan oleh para peternak. Kerap kali kita menemukan peternak membudidayakan ayam kampung erat ke rumah mereka.
 Budidaya ternak ayam kampung sanggup dikatakan perjuangan ternak yang paling gampang dan menarik Ternak Ayam Kampung Untungnya Besar
Jika sangkar dibangun erat dengan pemukiman maka pastikan ayam kampung yang anda pelihara divaksinasi, lakukan sterilisasi sangkar secara rutin dengan disinfektan. Mintalah petugas peternakan menunjukkan penyuluhan tentag budidaya ternak ayam kampung. Setelah dasar-dasar ilmu ternak ayam anda ketahui maka dengan gampang perencanaan peternakan sanggup anda buat dengan teliti.

Baca Juga:
Penyediaan sangkar ternak
Syarat sangkar ternak selain jarak dari pemukiman diantaranya, sangkar budidaya ternak ayam kampung sanggup dibentuk dengan ukuran 1 m2 diisi dengan 7 ekor ayam kampung (ukuran optimal) jikalau anda memeliharanya dengan system full kandang. Untuk budidaya ayam petelur sebaiknya memakai sangkar battery. Pada awal memulai perjuangan ini mungkin modal sangkar akan terasa sangat besar, tapi modal sangkar ternak ayam ini hanya dikeluarkan 1 kali untuk beberapa periode.

Kandang ayam kampung pedaging yang baik yaitu sangkar model ren atau postal, untuk ayam kampung kandangnya tidak harus dilapisi dengan litter, alasannya yaitu ayam kampung mempunyai masa pemeliharaan yang lebih usang dibandingkan dengan ayam broiler. sangkar ren yaitu sangkar ternak ayam yang sebagian dari sangkar diberi atap dan sebagiannya tidak. Bagian beratap ini biasa dipakai ayam kampung untuk tidur atau berteduh dan bab yang tidak beratap (terbuka) dijadikan sebagai daerah bermain atau mengais-ngais makanan.

Penyediaan pakan ternak.
Pakan untuk budidaya ayam kampung sanggup memakai pelet, tapi untuk menghemat biaya pakan anda sanggup menciptakan pakan alternatif berbahan dedak, jagung, bungkil dan tepung tulang. Pakan alternatif untuk ayam kampung sanggup anda lihat di sini. Pakan ayam kapung dibagi menjadi dua jenis yakni pakan untuk DOC dan pakan ayam dewasa.

Pembelian bibit ayam kampung
DOC (Day Old Chick) yaitu anak ayam umur 1 – 7 hari DOC ini sering juga desebut dengan bibit. untuk budidaya ayam kampung sebaiknya jangan membeli bibit yang masih DOC ini sebaiknya belilah bibit ayam kampung dalam keadaan ayam dara. Perawatan DOC jauh lebih sulit dibandingkan dengan ayam dara, dimana DOC masih harus divaksinasi dan juga diberi pakan khusus serta harus dihangatkan.

Selanjutnya yang perlu dipahami dalam budidaya ayam kampung yaitu pemeliharaan kesehatan, penanganan panen dan pasca panen. Untuk melengkapi teknik budidaya anda sebaiknya belilah buku cara beternak ayam kampung baik petelur maupun pedaging. Di blog ini saya tidak sanggup memuat scara keseluruhan wacana budidaya ayam kampung tersebut lantaran keterbatasan ruang dan waktu. Namun dengan pemaparan garis besar ini dibutuhkan anda sanggup memahami cara membudidayakan ayam kampung.

0 Response to "Ternak Ayam Kampung Untungnya Besar"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel