Monyet Dunia Usang (Old World Monkey)

Monyet Dunia Lama (Old World Monkey) 

Jenis primata yang masuk dalam kelompok ini antara lain yaitu Langur, Colobus Monkey, Guenon, Baboon, Mandrill, Macaque dan Mangabey.

Monyet Dunia Lama merupakan Primata dengan anggota spesies yang paling besar. Monyet Dunia Lama ditemukan di daerah Asia dari negara Cina dan Jepang. juga daerah Afrika. Kebanyakan Monyet Dunia Lama ini yaitu yang hidup di atas pohon atau arboreal, tetapi beberapa menyerupai baboon dan beberapa jenis macaca merupakan monyet-monyet yang tinggal di atas permukaan tanah. Beberapa Monyet Dunia Lama tidak mempunyai ekor, lubang hidung cenderung mengarah ke bawah. Banyak jenis mempunyai kantong pipi untuk menyimpan makanan, dan banyak mempunyai alas tebal atau pad (ischial callosities) yang terlentak dipantatnya. Monyet cukup umur dari golongan old world monkey mempunyai 32 gigi. Old World Monkey mencakup banyak macaca yang berada di daerah Afrika dan Asia. Monyet Rhesus yang dipakai untuk percobaan laboratorium biasanya dari macaca Asi, contohnya baboon Afrika dan Asia, menyerupai halnya simpanse mandril dan mangabey dari Afrika. Guerezas atau monyet colobus monyet (Genus Colobus) mempunyai ukuran yang besar, ekor yang panjang, monyet pemakan daun dari Afrika. Dari Asia, monyet pemakan daun mempermainkan, mencakup monyet India yang suci. Monyet negeri Cina dan monyet belalai Borneo. Genus Cercopithecus merupakan kelompok besar monyet pemakan segala (omnivora) dengan ekor yang panjang ditemukan seluruh sub-Saharan Afrika. 

Beberapa Old World Monkey mempunyai corak berbeda menyerupai struktur muka dan warna tertentu dari bagian-bagian anatomi mereka. Sebagai contoh, monyet Colobus mempunyai suatu potongan untuk ibu jari, monyet proboscis mempunyai hidung yang sangat asing/aneh dan Monyet Snub-nosed tidak punya hidung sama sekali. Suatu Kera mandril dari Afrika mempunyai penis yang berwarna merah dan scrotum menyerupai bungu berwarna dan dan jantannya mayoritas mempunyai suatu wajah yang berwarna.

Baca Juga:

0 Response to "Monyet Dunia Usang (Old World Monkey)"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel