Pemberian Pakan Domba Sesuai Umur

Ransum pakan 

Ransum pakan yang terbaik yaitu adonan antara rumput, daun kacang-kacangan/limbah pertanian, dedak dan bungkil lainnya.

Garam dapur perlu diberikan untuk memenuhi kebutuhan mineral dan meningkatkan nafsu makan.

Air minum higienis diberikan setiap hari.

1. Pakan anak domba sebelum disapih

Mulai umur 2-3 ahad dikenalkan pakan hijauan dan dedak padi; hijauan diberikan harus segar dan gampang dicerna yang terdiri satu bab rumput dan satu bab daun-daunan.

2 Pakan anak lepas sapih

Anak domba yang sudah disapih diberi pakan hijauan yang mutunya baik, terdiri dari rumput sekitar 1.5-2 kg/ekor/hari dicampur dengan daun-daunan sekitar 0.5-1.0 kg/ekor/hari; atau dengan anutan satu bab daun-daunan dan 1.5 bab rumput. Apabila memungkinkan sanggup diberi aksesori dedak padi sebanyak 0.5- 1 gelas minum setiap ekor sehari.

3 Pakan induk yang menyusui

Pakan terdiri atas rumput, hijauan sumber protein dan dedak padi. Jumlah rumput dan hijauan sumber protein yaitu 50%:50%.

Jumlah dedak padi 2-3 gelas minum seekor setiap hari atau sanggup juga diganti dengan daun kacang-kacangan sebanyak 1-1.5 kg/ekor/hari. Pada waktu santunan hijauan hendaknya dilebihkan sekitar 2 kg.

4 Pakan induk bunting tiga bulan

Induk yang bunting 6 ahad terakhir masa kebuntingan harus diusahakan bobot badannya terus bertambah, santunan pakannya sama dengan induk yang sedang menyusui.

5 Pakan domba dewasa

Ternak yang tidak sedang bunting atau menyusui sanggup diberi pakan hijauan saja, yaitu adonan rumput dan daun-daunan dengan imbangan 3/4 bab rumput dan 1/4 bab daun. Jumlah pakan sekitar 10% dari bobot tubuh ditambah 1-1.5 kg hijauan.

0 Response to "Pemberian Pakan Domba Sesuai Umur"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel