Pengertian Ternak

Ternak ? sudah sering mendengar kata “Ternak” ? atau bahkan anda punya ternak.

Kata ternak sudah sering disebutkan, namun tidak banyak yang mengerti soal sejarah dan maknanya.

Ternak yaitu binatang yang dengan sengaja dipelihara sebagai sumber pangan, sumber materi baku industri, atau dipelihara untuk membantu pekerjaan manusia. Usaha-usaha untuk memelihara atau pemeliharaan ternak disebut sebagai peternakan (atau perikanan, untuk kelompok binatang tertentu) dan perjuangan peternakan ini secara umum masuk pada potongan dari aktivitas pertanian.

Ternak sanggup berupa binatang apa pun (termasuk serangga dan vertebrata tingkat rendah menyerupai ikan dan katak). Namun demikian, dalam percakapan sehari-hari orang biasanya merujuk kepada unggas dan mamalia domestik, menyerupai ayam, angsa, kalkun, atau itik untuk unggas, serta babi, sapi, kambing, domba, kuda, atau keledai untuk mamalia. Dan untuk tambahan, di beberapa tempat di dunia juga dikenal binatang ternak yang khas menyerupai unta, llama, bison, burung unta, dan tikus belanda mungkin sengaja dipelihara sebagai ternak.

Jenis binatang ternak ini sangat bervariasi di seluruh dunia, menyebar ke seluruh potongan dan ternak ini juga hidupnya tergantung pada sejumlah faktor menyerupai iklim, undangan konsumen, tempat asal, budaya lokal, dan topografi.

Beberapa kelompok binatang selain unggas dan mamalia yang biasa dipelihara oleh insan juga disebut (hewan) ternak, khususnya apabila dipelihara di tempat khusus dan tidak dibiarkan berkelana di alam terbuka.

Disebut sebagai “ternak”, biasanya dianggap “tepat” apabila binatang yang dipelihara sedikit banyak telah mengalami domestikasi, tidak sekedar diambil dari alam liar lalu dipelihara.

Di dalam kelompok ini termasuk ngengat sutera, aneka macam jenis ikan air tawar (seperti ikan mas, gurami, mujair, nila, atau lele), beberapa jenis katak (terutama bullfrog), buaya, dan beberapa jenis ular. Usaha pemeliharaan ikan umumnya disebut sebagai perikanan atau, lebih spesifik, budidaya ikan.

Nah sudah mengerti bukan? Kaprikornus anda sesudah ini sanggup lebih memahami apa yang disebut sebagai ternak, peternakan, binatang ternak dan sebagainya. Jika anak anda bertanya mengenai ternak yang anda pelihara ketika ini anda sudah sanggup menjelaskan dengan lebih terperinci.

0 Response to "Pengertian Ternak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel