Rumput Kingres Dan Kandungannya.

Rumput kingres- adalah salah satu jenis rumput yang baik untuk ternak untuk mengetahui lebih detail marilah kita lihat. inilah sedikit yang saya tau perihal kingres,
Jenis tumbuhan rumput-rumputan yang berperan dalam pengawetan tanah dan air adalah yang sanggup berfungsi ganda yaitu berkemampuan untuk membantu mencegah berlangsungnya abrasi dan sanggup pula bermanfaat bagi hijauan masakan ternak. Rumput gajah merupakan alternatifnya.
Tanaman rumput-rumputan sanggup dipakai dalam perjuangan pengawetan tanah dan atau pencegahan abrasi dikarenakan :
a. Tanaman rumout-rumputan sanggup tumbuh dengan cepat sehingga dalam waktu pendek tanah telah sanggup tertutupi oleh tumbuhan tersebut secara rapat dan tebal.
b. Bagian atas dari tumbuhan (daun-daunan) bisa melindungi permukaan tanah dari percikan air hujan dan memperlambat pedoman permukaan.
c. Bagian bawah tumbuhan (perakaran) sanggup memperkuat resistensi tanah dan membantu melancarkan infiltrasi air kedalamtanah.
Penanaman rumput gajah sanggup dilakukan secara monokultur ataupun interkultur dengan tumbuhan tahunan sehingga sanggup diperoleh manfaat secara maksimal. Pertumbuhannya yang relatif cepat dalam waktu yang pendek serta peranan daun-daun dan perakarannya terhadap erosi, maka pembudidayaan rumput gajah sanggup menjadi pilihan yang bijaksana dan menguntungkan.

Baca Juga:
  1. Analisa Keuntung Usaha Kambing
  2. Ternak Bebek Usaha Menjanjikan
  3. Sistem Pememelihara Bebek di Kampung
  4. Daging Kambing Baik Untuk Penyakit Jantung
  5. Manfaat Dan Nilai Gizi Daging Kambing
  6. Jenis Jenis Kambing Di Indonesia
Rumput Gajah ( Pennisctum purpureum) atau disebut juga rumput napier, merupakan salah satu jenis hijauan pakan ternak yang berkualitas dan disukai ternak. Rumput gajah sanggup hidup diberbagai daerah (0 – 3000 dpl), tahan lindungan, respon terhadap pemupukan, serta enghendaki tingkat kesuburan tanah yang tinggi.
Rumput gajah tumbuh merumpun dengan perakaran serabut yang kompak, dan terusenghasilkan anakan apabila dipangkas secara teratur.
Pada lahan tumpang sari, rumput gajah sanggup ditanam pada guludan-guludan sebagai pencegah
longsor jawaban erosi. Morfologi rumput gajah yang rimbun, sanggup mencapai tinggi lebih dari 2 meter sehingga sanggup berperan sebagai penangkal angin (wind break) terhadap tumbuhan utama.
Rumput gajah dibudidayakan dengan pecahan batang (stek) atau sobekan rumpun (pous) sebagai bibit. Bahan stek berasal dari batang yang sehat dan tua, dengan panjang stek 20 – 25 cm (2 – 3 ruas atau paling sedikit 2 buku atau mata). Pemotongan pada waktu penanaman ruas mata sanggup Untuk bibit yang berasal dari sobekan rumpun/ anakan (pous) sebaiknya berasal dari
rumpun yang sehat, banyak mengandung akar dan calon anakan baru. Sebelum penanaman bab vegetatif dari sobekan rumpun dipangkas terlebih dahulu untuk menghindari penguapan yang tinggi sebelum sistem perakaran sanggup aktif menghisap air.
adalah salah satu jenis rumput yang baik untuk ternak untuk mengetahui lebih detail marila Rumput Kingres Dan Kandungannya.
Cara Penanaman :
1. Pembersihan lahan
2. Pengolahan tanah (sebaiknya dilakukan pada simpulan ekspresi dominan kemarau sehingga penanaman sanggup dilakukan pada awal ekspresi dominan hujan).
3. Pembuatan lubang-lubang tumbuhan dengan jarak tanam 60 x 100 cm.
Diperlukan 17.000 materi stek untuk kebutuhan lahan seluas 1 hektar.
Pemupukan :
1. Pupuk P dan K diberikan 2 kali dalam setahun yaitu pada waktu pengolahan tanah dan 6 bulan
kemudian, dengan takaran masing-masing 200 kg DS dan 200 kg ZK per hektarnya.
2. Pupuk N diberikan 200 kg ZA/ha/tahun yang diberikan setiap kali sehabis 2 – 4 kali pemotongan.
3. Dapat juga dipakai pupuk sangkar sebanyak 400 kw/ha/tahun yang diberikan pada waktu pengolahan tanah dan sehabis pemotongan. Pemungutan Hasil (pemotongan) :
Pemotongan rumput gajah yang pertama dilakukan sehabis tumbuhan berumur 60 hari,
selanjutnya dilakukan selang 40 hari pada ekspresi dominan hujan dan selang 60 hari pada ekspresi dominan kemarau.
Pada pemotongan batang rumput gajah sebaiknya ditinggalkan ± 10 cm dari permukaan tanah. Pemotongan batang tumbuhan yang terlalu pendek mengakibatkan semakin lambatnya pertumbuhan kembali, namun kalau batang yang ditinggalkan terlalu panjang maka tunas batang saja yang akan berkembang sedangkan jumlah anakan akan berkurang.
Peremajaan :
Dilakukan kalau tumbuhan telah berumur 3 – 4 tahun sehabis tumbuhan sudah tidak responsive lagi
terhadap pengelolaan. Setelah pemotongan terakhir, tanah diantara barisan dicangkul dan dilakukan pemupukan. Buatlah lubang tanam untuk tumbuhan gres pada perpotongan silang rumput yang lama, untuk menjaga kesinambungan stok hijauan ternak. Setelah tumbuhan gres tumbuh, sisa tumbuhan usang dibongkar sampai ke akar-akarnya. Komposisi Gizi Rumput Gajah (bahan kering) :
Bagian yang sanggup dicerna dari rumput gajah yaitu :
Bahan kering %
Protein kasar = 10.19
Serat Kasar = 34.15
Lemak = 1.64
Abu = 11.73
BETN = 42.29
Bahan kering %
Protein kasar = 5.92
Serat Kasar = 22.74
Lemak = 0.84
BETN = 25.6
Demikian saya tulis smoga bermanfaat bagi para pembaca. Trims

0 Response to "Rumput Kingres Dan Kandungannya."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel