Sistem Pememelihara Belibis Di Kampung

Beternak angsa yakni perjuangan yang menguntungkan baik skala kecil maupun skala besar.

Cara beternak angsa ditulis dihalaman ini secara garis besar saja, untuk detail dan simpelnya silahkan berimprofisasi. Bebek petelur dan pedaging tidak berbeda cara perawatannya, perbedaan cara beternak angsa pedaging dengan petelur hanya pada pinjaman pakan saja, dimana untuk angsa petelur diberikan pakan mineral yang lebih banyak dibanding dengan pakan ternak angsa pedaging. Berikut ini garis besar cara beternak bebek:

1. Persipan kandang, bila anda memelihara angsa secara dikandangkan tanpa ada pengembalaan atau dilepas maka di dalam sangkar sebaiknya sediakan bak untuk angsa berenang. Kolam angsa itu sebaiknya dibangun di tengah kandang, perhatikan gambar dibawah ini. 

2. Persiapan bibit (DOC atau dara), bila anda ingin berproduksi dengan cepat maka sebaiknya bibit yang anda beli yakni angsa dara, namun bila anda ingin biaya bibit berkurang maka anda dapat membeli DOC angsa petelur atau pedaging. DOC atau angsa dara sama-sama mempunyai kelebihan dan keunggulan, harga DOC angsa lebih murah daripada angsa dara namun angsa dara lebih cepat berproduksi daripada DOC. 

Baca Juga:
  1. Daging Kambing Baik Untuk Penyakit Jantung
  2. Manfaat Dan Nilai Gizi Daging Kambing
  3. Jenis Jenis Kambing Di Indonesia
  4. Tips Beternak Kambing Tanpa Ngarit
  5. Tips Dan Cara Budidaya Sapi Potong Yang Baik
  6. Teknik Pelayanan Inseminasi Buatan
3. Jika anda membeli DOC maka perawatan DOC harus dilakukan sesempurna mungkin terutama menyangkut pemanasan DOC dan Vaksinasi. Dan bila anda menentukan angsa dara maka vaksinasi dan penghangat sangkar tidak diharapkan lagi. 

4. Persiapan pakan, untuk efisiensi biaya budidaya angsa sebaiknya pakan dikombinasikan antara pakan pabrik (pelet) dan pakan olahan sendiri, beberapa alternatif pakan embel-embel untuk angsa pedaging dan petelur: keong mas, sayuran, makanan sisa, pelet buatan, pakan ayam kampung alternatif yang pernah ditulis di blog ini juga dapat anda gunakan untuk pakan bebek. 

5. Kebersihan kandang, sebaiknya sangkar disapu minimal 2 kali seminggu, jauhkan kotoran dan sisa makanan dari sangkar bebek. Atrau jual saja sebagai pupuk kandang. 

6. Kesehatan dalam cara beternak angsa pedaging dan petelur ini, kesehatan yang paling penting diperhatikan yakni aktifitas bebek, bila terlihat angsa anda kurang aktif pergerakannya didalam sangkar berarti angsa tersebut kurang vitamin begitu juga bila nafsu makan angsa kurang maka itu awal indikasi angsa dalam keadaan sakit. 

7. Pemberian pakan sebaiknya jangan pribadi banyak (1 kali satu hari), dalam beternak budidaya angsa dan unggas lainnya semakin sering (frekuensi) pinjaman pakan maka kualitas pertumbuhan angsa akan semakin baik terutama untuk anak bebek. Ini juga berafiliasi akrab dengan efisiensi pinjaman pakan, unggas cenderung kurang menyukai pakan yang sudah lama. 

Jika item diatas telah berjalan dengan baik maka sudah dapat dipastikan cara beternak angsa yang anda lakukan sudah benar dan hitungan analisa keuntungan rugi pada bisnis peternakan angsa anda akan positip pada laba.

0 Response to "Sistem Pememelihara Belibis Di Kampung"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel