Tips Beternak Kambing Tanpa Ngarit

Dulu peternak Indonesia selalu disibukkan untuk mencari rumput dan menggembalakan ternak mereka saja. Sehingga pendapatan mereka hanya sedikit dan menggantungkan hidupnya hanya dari dari hasil jual ternak itu saja. Sekarang sudah banyak beternak kambing tanpa ngarit, tanpa angon, tanpa anyir dan rendah kolesterol sehingga kondusif dikonsumsi oleh penderita darah tinggi, kolesterol tinggi dan lainnya.

Beberapa bulan kemudian ketika cara ini di terapkan banyak orang yang merasa heran Mengapa kambing bukannya diberi makan rumput tetapi malah dikasih limbah yang berupa kulit kacang hijau, kulit jagung, kedebok pisang dan ditambah katul sedikit. Ada beberapa orang yang merasa kasihan kepada kambing tersebut kemudian dicarikan rumput dibelakang rumah untuk pakannya. 

Ketika saya tahu insiden itu, maka mereka saya beri tahu, bahwa kambing itu sengaja di beri pakan limbah yang sudah di fermentasi selama 24 jam kemudian bisa diberikan untuk selamanya, selama persediaan masih cukup asalkan tidak kena sinar matahari eksklusif dan tidak terkena hujan fermentasi tersebut masih baik buat pakan kambing.

Setelah mereka tahu kemudian selanjutnya ikut mengamati perkembangan setiap harinya , mereka tampaknya heran kenapa hanya diberi pakan menyerupai itu, tanpa di kasih rumput segar ternyata perkembangannya sangat cepat besar dan sehat. Lebih heran lagi ternyata kotoran dan urinnya tidak anyir sama sekali, dan inilah yang sangat di harapkan oleh para peternak kambing.

Bahkan beberapa peternak juga saya ajak ke tempat peternak yang lainnya untuk melihat hasil penyembelihan kambing yang sudah mengikuti cara tersebut, ternyata lemaknya hanya sedikit sekali, Kata orang yang ikut memotong daging kambing tersebut lemaknya hanya ada di sekitar ekor saja.
Menurut salah satu peternak, cara menciptakan pakan alternatif  dilakukan dengan  membuat pakan sekaligus dalam jumlah banyak sehingga ketersediaannya cukup untuk beberapa minggu. Tentu pemilihan tehnologi dan bahannya menjadi syarat utama.


FERMANTASI
Tehnologi fermentasi pakan bisa menjadi pilihan mudah. Alasannya, materi baku bisa dari aneka macam daun dan jenis rumput kering atau limbah pengolahan kedelai (menjadi tahu atau tempe). Bisa juga dari gedebok pisang ditambah bekatul. Semua materi itu dicampur kemudian difermentasi selama minimal 3×24 jam. Hasilnya yakni kuliner ternak  fermentasi yang lebih abadi dengan anyir khas dan kandungan karbohidrat, protein dan vitamin cukup stabil.
Pemberian pakan secara teratur dengan jumlah seimbang antara berat pakan dan berat binatang menciptakan binatang ternak menjadi terpelihara secara lebih baik. Masalahnya yakni bagaimana menciptakan pakan ternak dari materi seadanya menyerupai tersebut di atas secara cepat, banyak dan berkelanjutan hingga usia ternak mencukupi sesuai cita-cita baik untuk dijual maupun untuk bibit.
Mau tau cara buat pakan ternak fermentasi ini?

Baca Juga:
  1. Tips Dan Cara Budidaya Sapi Potong Yang Baik
  2. Teknik Pelayanan Inseminasi Buatan
  3. Cara Melakukan Kawin Suntik Pada Sapi
  4. Cara Pelayanan Inseminasi Buatan

MEMBUAT PAKAN FERMENTASI
Cara  yang relatif murah, mudah dan akhirnya sangat disukai ternak yakni fermentasi dengan  menambahkan materi mengandung mikroba proteolitik, lignolitik, selulolitik, lipolitik dan bersifat fiksasi nitrogen non simbiotik (contohnya: starbio, starbioplus, EM-4 dan lain-lain).

BAHAN DAN UKURAN:
  • 1000 Kg : jerami padi atau jerami jagung atau jerami kedelai (titen Jawa)
  • 20-25 Lt : tetes kalau tidak ada sanggup diganti gula
  • 6-7 Lt : STARBIO, kalau di tempat belum ada sanggup diganti dengan EM4.
  • 5-6 Kg : Urea untuk menambah kandungan protein makanan
  • 250-300 Lt. : Air untuk melarutkan starbiodan tetes/15Lt untuk jerami basah
PERALATAN:
  • Silo tempat untuk fermentasi sanggup berupa tembok semen, bis semen, drum sesuai kemampuan dan jumlah ternak
  • Alat pemotong sabit atau sejenisnya
  • Ember atau timba, gembor, terpal plastik atau karung plastik
CARA MEMBUAT
  1. Sediakan silo dari bis beton disusun dua atau tiga, kalau menggunakan drum bab dalam supaya dicat semoga tidak berkarat
  2. Jerami kering atau bahan-bahan kering yang telah ada dipotong-potong dengan ukuran kurang lebih 25 cm sejumlah isi silo yang ada
  3. Larutkan tetes dan urea serta Satarbio dengan air menjadi satu sesuai perbandingan bahan-bahan di atas.
  4. Siapkan terpal plastik untuk ganjal menjcampur antara jerami dengan adonan tets starbio dan air.
  5. Jerami yang sudah dipotong ditaruh di atas terpal bertahap sambil disiram larutan air tetes dan starbio sesuai perbandingan di atas hingga merata dan jerami kelihatan basah.
  6. Setelah jarami benar-benar telah disiram rata dengan larutan tersebut, jerami dimasukkan ke dalam silo bertahap sambil dimampatkan/diinjak-injak supaya padat.
  7. Setelah mampat (padat) silo ditutup hingga rapat betul
  8. Setelah 7 hari jerami tersebut gres sanggup mulai diberikan pada ternak sesuai dengan kebutuhan dan selama materi tersebut belum habis sesudah mengambil materi dari silo supaya ditutup kembali dengan rapat
  9. Penempatan silo supaya terhindar dari genangan air, terhindar dariterik matahari dan air hujan dihentikan masuk ke dalam silo
CARA MEMBERIKAN:
      Pemberian diberikan dua kali pagi dan sore dengan ukuran: boot kambing x 3% pakan kering (jerami    yang telah difermentasi)Ditambah makan tambahan berupa katul yang baik (kualitas I) sebanyak 0,5 kg/ekor
 
KETERANGAN:
  • Apabila waktu petama kali tenak diberi pakan tersebut tidak eksklusif mau supaya dilatiih sedikit demi sedikit hingga mau makan dengan lahap
  • Agar ternak cepat gemuk perlu diberi makan lain yang kadar proteinnya tinggi menyerupai santunan katul konsentrat
  • Air minum supaya tetap tersedia (jangan hingga telat)
SOC atau Suplemen Organik Cair merupakan perhiasan khusus dari Kami untuk menyehatkan binatang ternak Anda. Dengan SOC, Anda sanggup menekan pengeluaran selama produksi dan perawatan. SOC membantu mengurangi tingkat stres pada binatang dan menekan timbulnya penyakit pada ternak Anda dan mengurangi angka resiko final hidup di binatang ternak.  SOC membantu binatang ternak Anda untuk meningkatkan antibodi, sehingga binatang ternak tidak gampang sakit.
SOC merupakan perhiasan terbaik dikala ini.  Mempercepat pertumbuhan binatang ternak dan meningkatkan produksi daging, lantaran SOC menawarkan efek merangsang nafsu makan pada binatang ternak.  Selain produksi daging, SOC juga baik untuk perkembangbiakan. SOC membantu meningkatkan kesuburan pada hewan, sehingga SOC sanggup mempertinggi kualitas telur pada binatang unggas, maupun perkembangbiakan binatang ternak lain menyerupai kambing dan sapi.

Semoga bermanfaat bagi yang membaca,,,,, trim.

0 Response to "Tips Beternak Kambing Tanpa Ngarit"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel