Manfaat Tanduk Rusa Bagi Kesehatan

Selama ini banyak orang tau ihwal tanduk rusa tapi tak mengetahui manfaat nya kini disini bisa kita lihat manfaat tanduk rusa.
Dalam ilmu pengobatan tradisional China (Traditional Chinese Medicine- TCM), kandungan yang terdapat dalam tanduk rusa sanggup menjadi tonik energi, menghangatkan dan menciptakan jantung serta sistem pembuluh darah sehat. Para pakar TCM seringkali memakai tanduk rusa untuk meningkatkan jumlah darah, khususnya dalam menangani masalah anemia yang muncul akhir kemoterapi. Karena pertumbuhannya yang cepat, maka materi tanduk rusa ini dipercaya sanggup meningkatkan pertumbuhan sel darah merah Monoacetyldiglycerides yang merupakan komponen yang terdapat dalam tanduk, diyakini oleh para ilmuwan sanggup merangsang produksi sumsum tulang dan sel-sel darah merah. Dalam penelitian memakai hewan, komplemen tanduk rusa menunjukan kemampuannya meningkatkan kekuatan otot jantung, menstabilkan ritme jantug dan mengatur tekanan darah. Riset beberapa tahun kemudian juga menunjukkan, tanduk rusa ternyata juga sanggup dipakai untuk menjadi salah satu alternatif dalam mengatasi osteoporosis (pengeroposan tulang). Mungkin ini akhir kandungan glucosamine, chondroitin, dan kolagen yang begitu tinggi. Sebuah penelitian yang berlangsung tahun 2004 dan terpublikasi di Canadian Veterinary Journal menyampaikan bahwa ketika seekor anjing yang menderita osteoartritis mengalami peningkatan kemampuan berjalan. Tidak hanya itu, vitalitas dan performanya membaik dari hari ke hari alasannya meminum debu tanduk rusa. Para ilmuwan kemudian menyimpulkan bahwa tanduk rusa efektif dalam mengatasi duduk kasus artritis pada anjing. Secara tradisional, penggunaan tanduk rusa memang jarang dimaksudkan untuk nyeri lutut gangguan pada sel darah merah. Namun kerapkali ditujukan untuk meningkatkan fungsi seksual atau kekuatan tubuh secara keseluruhan, kemampuan aerobik, meski dalam penelitian pada insan belum terbukti hal ini. Tanduk rusa biasanya diambil dari rusa yang diternakkan sebelum tanduk ini mengeras di final ekspresi dominan panas, yang biasanya bakal terbungkus beludru lunak berbulu. Para praktisi kesehatan mengatakan, ketika inilah tanduk rusa berada dalam kondisi paling baik untuk diambil. Setelah dipati rasa atau anestesi, barulah tanduk tersebut diambil atau dipotong. Rusa tak akan mencicipi sakit dan tanduk akan tumbuh lagi. Tanduk rusa tumbuh sekitar satu setengah inchi setiap hari, lebih cepat dibanding organ-organ lain.New Zealand, Australia, dan Kanada merupakan negara yang banyak memproduksi tanduk rusa dalam bentuk cairan, debu atau pil. Dosis umum antara 3 hingga 9 gram setiap hari. Bila Anda hendak membeli debu tanduk rusa, bisa dicampur dengan air mendidih atau diseduh untuk teh. Jangan tambahkan bahan-bahan lain hingga air mendidih. 


Pengaruhnya terhadap susukan darah jantung

Zat yang dikeluarkan oleh tanduk muda rusa Siberia dalam takaran tinggi bisa menurunkan tekanan darah, radius gelombang jantung, dan kepekatan darah nadi (pulsus), serta melebarkan susukan darah sekitar jnatung. Di sisi lain, dalam takaran sedang menimbulkan penguatan gerakan, menambah radius penyusutan jantung, kecepatan denyut, dan jumlah pengeluaran darah.

Pada jantung yang lemah, daya penguatannya amat menyolok. Juga memulihkan jantung yang iramanya tidak rata. Tanduk rusa memperkuat dan mempercepat penyusutan jantung. Pada pasien dengan gangguan sirkulasi darah kronis yang diikuti tekanan darah rendah, sanggup berfungsi menjadikan nadi terpenuhi darah, tensi naik, bunyi jantung jelas.


Penguat tubuh

Pantrocinum merupakan zat tonikum yang sanggup mempertinggi daya kerja organisme, mengurangi hingga seminimal mungkin kelelahan otot, memperbaiki nafsu makan, dan memudahkan tidur. Tanduk rusa gres tumbuh (disebut tanduk muda) yang diberikan kepada tikus putih, sanggup mempercepat penambahan berat badan.

Makanan yang dicampur tanduk muda 0,4-0,5 hingga 2 gram/kg selama 14-15 hari akan meningkatkan bobot tubuh secara mencolok dan sanggup mengatasi kelemahan fisik kelinci akhir kelelahan atau alasannya menderita sakit yang lama. Tanduk muda dalam bentuk debu yang diberikan kepada kelinci dalam jumlah dan jangka waktu tertentu menjadikan haemoglobin meningkat.


Penambah gairah

Banyak kalangan mempercayai bahwa tanduk rusa mengandung zat perangsang seks. Namun, beberapa ilmuwan Jepang mengaku tidak menemukan adanya unsur pembangkit gairah seks pada tanduk muda.


Pengobatan Luka

Tanduk muda sanggup mempercepat proses penyembuhan koreng menahun maupun luka baru, patah tulang, serta gres menghipnotis metabolisme unsur N dan karbohidrat. Tanduk muda juga merangsang usus dan rahim serta memperkuat kemampuan ginjal dalam memperlancar kencing. Eksperimen penurunan tensi pada kucing menunjukan bahwa tanduk muda yang sudah dikebiri lebih baik daripada yang tidak@ Suharso Rahman.

0 Response to "Manfaat Tanduk Rusa Bagi Kesehatan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel