Keunggulan Susu Kambing Di Banding Susu Sapi Dan Kedelai

Telah kita ketahui bersama bahwa minuman susu kambing merupakan salah satu minuman yang mempunyai kandungan gizi sangat tinggi dan sangat baik untuk kesehatan. Konsumsi susu kambing setiap hari sanggup membantu pertumbuhan pada anak. Meski belum terlalu familiar, namun kandungan fluorine dan protein tinggi pada susu kambing, menciptakan susu ini banyak diminati keluarga Indonesia. Bahkan, sebagian orang menyukai susu kambing lantaran teksturnya yang sangat cocok untuk tubuh manusia. Kandungan fluorine yang terdapat pada susu kambing berkisar antara 10 hingga 100 kali lebih besar dibandingkan susu sapi. Kandungan fluorine bermanfaat sebagai antiseptik alami dan sanggup membantu menekan pembiakan basil di dalam tubuh. Sehingga, bisa membantu pencernaan dan menetralisir asam lambung, menyembuhkan reaksi-reaksi alergi pada kulit, kanal napas dan pencernaan. Selain itu, kandungan gizi di dalam susu kambing bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika kita bandingkan dengan susu sapi, susu kambing biasanya kita konsumsi sekadarnya saja, atau lebih lantaran susu ini dianggap bisa menyembuhkan aneka macam jenis penyakit. Susu kambing rata-rata banyak dikonsumsi di Timur Tengah semenjak 7000 SM. Padahal, susu kambing mempunyai protein terbaik sehabis telur dan hampir setara dengan ASI. Susu kambing terbaik yaitu susu yang segar (raw goat milk).
Berdasarkan beberapa studi ilmiah bahkan menunjukkan, susu kambing mengurangi terjadinya alergi. Susu ini juga lebih gampang dicerna daripada pilihan susu lainnya. Satu cangkir susu kambing mempunyai kandungan sekira 170 kalori, 10 gram lemak, dan 27 miligram kolesterol. Demikian menyerupai diberitakan dari Shape. Kendati susu kambing mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan, namun proses memasak yang kurang tepat sanggup merusak kandungan mineral yang berguna sebagai antiseptik dan pelindung jaringan paru-paru. Namun dengan pengolahan yang baik, susu kambing sanggup dikonsumsi dalam bentuk olahan menyerupai yoghurt dan keju.


Manfaat Susu Kambing


Berikut ini yaitu manfaat dari susu kambing:
- Sebagai Pengganti Bagi Yang Alergi Dengan Susu Sapi
- Susu kambing banyak direkomendasikan sebagai substitusi susu bagi bayi, anak, maupun orang cukup umur yang alergi terhadap susu sapi atau jenis masakan lainnya.


Susu kambing sekarang cukup populer, meskipun harganya jauh di atas harga susu sapi. Susu kambing memang mempunyai karakteristik yang berbeda dengan susu sapi maupun air susu ibu ( ASI ). Susu kambing mempunyai daya cerna yang tinggi, tingkat keasaman yang khas, kapasitas buffer yang tinggi, dan sanggup dipakai untuk mengobati penyakit tertentu.
Susu kambing banyak direkomendasikan sebagai substitusi susu bagi bayi, anak, maupun orang cukup umur yang alergi terhadap susu sapi atau jenis masakan lainnya. Pada bayi, alergi terhadap susu sapi (cow milk allergy) banyak dijumpai, akan tetapi prosedur terjadinya alergi masih belum jelas. Potensi susu kambing sebagai pengganti susu sapi pada bayi atau mereka yang alergi terhadap susu sapi sangatlah besar.
 
Gejala alergi terhadap protein susu biasanya timbul pada bayi yang berumur dua hingga empat minggu, dan gejalanya akan semakin terang pada ketika bayi berumur enam bulan. Bagian tubuh yang terjangkit alergi yaitu kanal pencernaan, kanal pernapasan, dan kulit . Gejala-gejala yang tampak akhir alergi terhadap protein susu antara lain yaitu muntah, diare, perembesan nutrisi yang kurang sempurna, asma, bronkitis, migren, dan hipersensitif.

Susu kambing dilaporkan telah banyak dipakai sebagai pengganti susu sapi ataupun materi pembuatan masakan bagi bayi-bayi yang alergi terhadap susu sapi. Alergi pada kanal pencernaan bayi dilaporkan sanggup berangsur-angsur sanggup disembuhkan sehabis diberikan susu kambing.
Dilaporkan juga bahwa sekitar 40% pasien yang alergi terhadap protein susu sapi mempunyai toleransi yang baik terhadap susu kambing. Pasien tersebut kemungkinan besar sensitif terhadap lactoglobulin yang terkandung dalam susu sapi. Diduga protein susu ( lactogloglobulin ) yaitu yang paling bertanggung jawab terhadap kejadian alergi protein susu.
 
 
Susu kedelai sering pula dipakai sebagai salah satu alternatif pengganti susu sapi bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Walaupun demikian, masih terdapat sekitar 20-50% dari bayi-bayi yang diteliti memperlihatkan tanda-tanda tidak toleran terhadap susu kedelai. Oleh lantaran itu, susu kambing lebih direkomendasikan untuk pengganti susu sapi pada bayi.
Susu kambing mengandung lebih banyak asam lemak berantai pendek dan sedang kalau dibandingkan dengan asam lemak dalam susu sapi. Perbedaan tersebut diduga menimbulkan susu kambing lebih gampang dicerna. Selain itu, ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil kalau dibandingkan dengan susu sapi atau susu lainnya.
 
 
Dari hasil salahsatu penelitian ilmiah disimpulkan bahwa kelompok anak yang diberi susu kambing mempunyai berat badan, mineralisasi kerangka, kepadatan tulang, vitamin A plasma darah, kalsium, tiamin, riboflavin, niacin, dan konsentrasi hemoglobinnya yaitu lebih tinggi kalau dibandingkan dengan kelompok anak yang diberi susu sapi. Selain itu, susu kambing mempunyai kapasitas buffer yang lebih baik sehingga bermanfaat bagi anak yang mengalami gangguan pencernaan. Namun, susu kambing juga mempunyai kelemahan yaitu rendahnya kandungan folic acid dan vitamin B 12 . Keunggulan Susu Kambing Bau dan rasa susu kambing murni sangat spesifik yaitu sedikit berbau kambing. Ada kalanya anyir susu agak tajam lantaran imbas pakan. Susu kambing murni rasanya enak, sedikit manis, dan berlemak. Dibanding susu sapi, susu kambing mempunyai kandungan gizi lebih unggul.
 
 
Keistimewaan lain yang dimilikinya sebagai berikut :
Lemak dan proteinnya lebih gampang dicerna daripada susu sapi, lantaran terdapat dalam bentuk yang lebih halus dan homogen. Praktis dicerna oleh anak balita hingga orang tua.
Proteinnya mempunyai imbas laksatif yang lembut.
Kandungan vitamin B-1 susu kambing lebih tinggi dibanding susu sapi.
Susu kambing baik sekali dikonsumsi bawah umur dan orang lanjut usia yang tidak sanggup minum susu sapi lantaran gangguan pencernaan.
Minum segelas susu kambing setiap hari membantu penyembuhan penderita asma dan radang paru-paru kronis.
 
 
Minum segelas secara rutin bagi perempuan sanggup meningkatkan kehalusan kulit.
Minum secara teratur 2 – 3 gelas per hari sanggup membantu mengatasi impotensi pada pria.
Sebagai sumber gizi serta mencegah / menyembuhkan TBC pada balita. Tidak menimbulkan diare dan alergi, lantaran tidak mempunyai faktor lactose intolerance.
Khasiat Susu Kambing Sangat spesial Kadar nutrisi dan khasiat susu kambing amatlah istimewa. Komposisi gizinya –baik dari segi protein, energi, maupun lemak — mendekati komposisi ASI, air susu ibu. Susu kambing mengandung 3 s/d. 4 % Protein, 4 s/d 7 % Lemak, 4,5 % Karbohidrat, 134 gram Kalsium, dan 111 gram Forfor (dalam setiap 100 ml susu kambing). Molekul lemak susu kambing pun jauh lebih kecil dan homogen, sehingga lebih gampang dicerna tanpa mengakibatkan diare. Jadi, susu ini bebas lactose intolarence (kepekaan terhadap laktosa penyebab diare bagi yang tidak biasa minum susu). Karenanya, susu kambing cukup potensial bagi perbaikan nutrisi. Komposisi dan struktur lemak susu kambing dan sapi mempunyai perbedaan. Butiran lemak susu kambing berukuran 2 mikrometer, sementara lemak susu sapi berukuran 2,5 – 3,5 mikrometer. Dengan ukuran lemak lebih kecil, susu kambing lebih cepat terdispersi dan campurannya lebih homogen (merata)

0 Response to "Keunggulan Susu Kambing Di Banding Susu Sapi Dan Kedelai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel