Memilih Jantan Dan Betina Calon Induk Perkutut

Memilih Jantan dan Betina

Kemampuan membedakan jenis kelamin perkutut mutlak diharapkan oleh peternak. Bagi peternak yang sudah berpengalaman, tidak perlu waktu usang untuk memilih jenis kelamin perkutut. Bahkan, dengan sekilas melihat fisik perkutut, sanggup segera ditentukan jantan atau betina perkutut tersebut. Meskipun demikian, ini hanya bisa dilakukan untuk perkutut yang telah menampakkan kedewasaan fisik, kira-kira telah berumur 9 bulan. Pada umur ini, perkutut siap ditangkarkan. Berikut ialah ciri-ciri perkutut jantan dan betina yang telah dewasa.

1. Ciri-ciri perkutut jantan

Tanpa pengamatan yang seksama, agak sulit bagi pemula untuk membedakan perkutut jantan di antara sekawanan perkutut. Namun, bila dengan teliti diperhatikan, seekor perkutut jantan gampang dibedakan dari perkutut betina. Perkutut jantan mempunyai raut muka yang berkesan garang. Kulit yang mengelilingi mata terlihat tebal dan bulat sehingga sorot matanya menjadi terlihat tajam. Tanda lainnya ialah pupur (bulu putih keabu-abuan di kepala) lebih dari separuh kepala, kepala tipis, dan ekor panjang. Oleh sebab itu, warna bulu kepala perkutut jantan terlibat lebih jelas dibanding kepala perkutut betina. Selain itu, perkutut jantan juga mempunyai paruh yang panjang, tebal, dan melengkung (ciri ini agak sulit dipahami). Tubuhnya secara keseluruhan terlihat lebib besar daripada perkutut betina.

Perkutut jantan juga bisa ditandai dari sikap seksualnya. Setelah remaja kelamin, perkutut jantan akan menampakkan sikap seksual yang khas bila berdekatan dengan betina, yaitu berbunyi sambil menganggukkan kepala di bersahabat seekor betina.

2. Ciri-ciri perkutut betina

Perkutut betina mempunyai raut wajah sayu. Kulit yang mengelilingi mata terlihat tipis sehingga sorot matanya terkesan sayu. Tubuhnya lebih kedl dari yang jantan. Selain itu, pupur tidak lebih dari separuh cuilan kepala (sehingga warna bulu kepalanya terkesan gelap), kepala kecil dan bundar, paruh lurus, serta ekor pendek. Jika dilihat secara keseluruhan, ukuran tubuhnya tampak lebih kecil daripada perkutut jantan.

0 Response to "Memilih Jantan Dan Betina Calon Induk Perkutut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel