Kategori Primata

Kategori Primata

Secara umum primata di dunia terbagi menjadi menjadi 4 kelompok besar, yaitu: Promisian, Monyet Dunia Baru, Monyet Dunia Lama dan yang terakhir yakni Kera. 

Jenis primata yang masuk dalam kelompok ini antara lain yakni Lemur Catta, Potto, Lorises, Tree Shrew, Tarsier, Sifaka, Aye-aye. 

Promisian merupakan Monyet yang paling primitif, dalam artian perkembangan morfologi ataupun psikologi perilakunya. Sebagai contoh: Kukang, atau Tarsius. Primata jenis ini merupakan anggota primata primitif, Prosimian mempunyai morfologi yang paling kecil dibandingkan dengan Primata yang lain. Ada suatu fakta bahwa ada fosil yang ditemukan di Cina menunjukkan sebesar ibu jari tangan kita dan berdasarkan para hebat Promisian jenis ini merupakan nenek moyang dari Prosimian yang ada ketika ini.
Primata yang termasuk dalam kategori Prosimian ini sanggup di temukan di seluruh dunia, terutama di kawasan tropis, mulai dari Amerika selatan, Afrika dan Asia tenggara. Biasanya mempunyai wajah lingkaran kecil, berekor, dan mempunyai mata bulat, dan leher sanggup di gerakan 180 derajat, sebagian besar merupakan hewan malam pemakan serangga. 

Beberapa karakteristik prosimian yakni indera penciuman yang berkembang dengan baik, terdapat cakar pada beberapa jarinya, bab bibir atas tidak bergerak (hanya yang bawah saja menyerupai pada manusia). Memiliki formula gigi 2:1:3:3, misalnya 2 gigi seri, 1 gigi taring, 3 gigi susu geraham dan 3 geraham. Kembali kepada Kukang, terdapat 5 jenis Kukang seluruh dunia yaitu Kukang Kalimantan, Kukang Bengal, Kukang Jawa, Kukang Sumatera dan Kukang Pygmy. Termasuk di dalam genus Nycticebus 3 jenis diantaranya sanggup ditemui di Indonesia.

0 Response to "Kategori Primata"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel