Sejarah Ternak Primata

Sejarah Primata

Primata ialah anggota dari ordo biologi Primata, kelompok ini terdiri dari seluruh Lemur, Monyet dan Kera. Primata berasal dari kata latin Primates, yang berarti ”salah satu yang pertama, terbaik, noble”. Colin Groves mendata sekitar 350 spesies Primata dalam Taksonomi Primata.

Seluruh Primata mempunyai lima jari (pentadactyly), bentuk gigi yang umum dan tubuhnya sangat primitif (tidak terspealisasi). Perbedaan Primata dengan satwa lainnya ialah kuku jari. Jempol berlawanan juga salah satu karakteristik Primata, tetapi tidak terbatas dalam primata saja, Opossum juga mempunyai jempol berlawanan. Dalam Primata, kombinasi dari jempol berlawanan, jari kuku pendek (bukan cakar) dan jari yang panjang serta menutup kedalam ialah sebuah relik dari praktisi pada zaman dahulu dari branchiation melalui pohon. Pandangan yang menghadap ke depan dan berwarna juga berkhasiat untuk “brachiating” orang zaman dahulu, terutama dipakai untuk menemukan dan mengumpulkan makanan. Semua Primata, bahkan ada yang tidak mempunyai sifat yang biasa dari Primata lainnya, seperti; Loris yang mempunyai karakteristik orbit mata yang membedakan mereka dari order taksonomi lainnya.

Primata mempunyai banyak kemiripan dengan insan baik secara morfologi, sikap maupun fisiologi. Ada hubungan yang dekat antara manusia, baik dari sudut biologi, budaya maupun ekonomi. Namun demikian masyarakat masih banyak yang tidak mengenal jenis-jenis Primata. Rata-rata mereka hanya mengenal jenis primata yang terkenal saja ibarat orangutan dan siamang. Padahal ada berbagai spesies primata baik yang didalam maupun yang berasal dari luar negeri yang hidup di Indonesia. 
Selain masyarakat Indonesia yang tidak paham dilema identifikasi primata ternyata juga masih banyak masyarakat Indonesia yang awam perihal konservasi primata.

Sebelum membahas lebih jauh, penulis akan menggelitik dilema Monyet dan Kera, “Tahukah anda perihal perbedaan sesungguhnya antara Monyet dan Kera?”. Untuk mengetahui perbedaan tersebut, bukanlah kasus yang sulit, anda cukup melihat ada atau tidaknya ekor, di dunia Primata Monyet merupakan Primata yang dicirikan dengan ekornya, dan Kera ialah Primata yang tidak berekor, biasanya dapat berjalan tegak dengan kedua kakinya. Sedangkan Monyet berjalan dengan ke-empat kakinya. Sekarang kita lihat Orang utan atau jikalau di Pulau Jawa ini ada Owa-owa yang lebih kecil dari pada Orang utan, mereka itu yang termasuk Kera, Jika dalam bahasa inggris lebih terang lagi antara Monyet itu ”monkey” dan Kera ialah ”ape”. Kaprikornus kini sudah terang perbedaan antara Kera dan Monyet.

0 Response to "Sejarah Ternak Primata"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel