Persiapan Sebelum Doc Masuk Kandang

Dalam beternak sangat lah perlu di perhatikan hal ini, yaitu persiapan sangkar sebelum DOC masuk sangkar alasannya hal tersebut sangat besar lengan berkuasa terhadap kesehatan ternak nantinya.

Dalam memulai pemeliharaan ayam broiler, sebelum DOC masuk ke sangkar perlu dilakukan pembersihan dan istirahat sangkar minimal 14 hari untuk mengurangi resiko kuman maupun virus. Langkah pertama persiapan ialah pembersihan peralatan sangkar langkah- langkanya ialah : bilas daerah pakan dan minum dengan detergen sehabis dibilas lalu direndam dengan larutan desinfektan, jika perlu galon dan selang minum direndam dalam larutan asam sitrat 100-300 gram per 100 liter air selam 12 jam dan dibilas bersih, pipa, selang dan tower juga dibersihkan dengan asam nitrat ibarat takaran gallon, dilakukan dengan mengisi penuh tower dengan larutan asam sitrat, ujung pipa dibuka hingga larutan mengalir ke ujung, tutup pipa dan diamkan selama 12 jam. Dibilas dengan air bersih dan pastikan bersih dari kotoran (sisa obat, lumut, lendir, dll). Penyekat DOC dicusi dengan desinfektan dan dibilas hingga bersih. Untuk tirai, tirai plafon, tirai sekat, tirai alas, tirai bawah direndam dan dicuci dengan detergen, dibilas hingga bersih lalu didesinfeksi biar semua bersih dan bersih serta bebas dari kuman maupun bakteri.

Setelah peralatan sangkar cukup dirasa bersih dan higienis, giliran sangkar yang dilakukan pembersihan secara menyeluruh. Pertama, kotoran yang ada dikandang dibuang ke daerah yang jaraknya jauh dari areal kandang, gumpalan kotoran yang ada pada sangkar juga harus dikerok hingga bersih. Kandang yang terdapat kutu maupun serangga sebaiknya diberikan insektisida sebelum dilakukan pembersihan kandang. Lantai dan dinsing sangkar dibasahi dengan larutan detergen sebanyak 1 kg untuk 100 liter air dan didiamkan selam 1 jam biar ketika pembersihan menjadi lebih mudah. Kemudian sikat seluruh bab sangkar dan bilas dengan air bersih hingga tidak ada kotoran lagi. Bersihkan rumput dan semak di sekitar sangkar biar tidak menjadi sarang penyakit, acara ini perlu dilakukan rutin tidak hanya sebelum pemeliharaan. Lantai tanah, tanah dibawah sangkar panggung dan parit perlu disiram dengan larutan soda api 2 kg per 100 liter air, sebaiknya memakai gembor air, alasannya jika memakai sprayer soda api dapr menjadikan korosi. Lantai serta dinsing sangkar diberi kapur dengan takaran 1 kg per 10 m2 dan takaran 15 m2 untuk slat dan panggung. Tirai sangkar dipasang baik luar maupun dalam, tirai untuk brooding jangan hingga bocor. Peralatan yang telah dibersihkan dimasukkan ke dalam sangkar dan didesinfeksi secara menyeluruh dengan formalin 40% takaran 5 liter untuk 95 liter air lalu sangkar diistirahatkan minimal 14 hari. Selama istirahat kandang, dilakukan pengecekan terhadap pemanas serta seluruh sarana penunjang ibarat sumber air, kolam air, instalasi listrik, dan lain-lain.

Sebelum DOC masuk, sangkar ditaburi dengan sekam pada lantai dengan ketebalan 3-5 cm. Tempat paka, minum, chick guard, lampu serta pemanas harus terpasang 2 hari sebelum ayam masuk kandang. Tinggi chick guard yang baik ialah 40-50 cm, sanggup terbuat dari seng, kayu atau bambu. Pemanas diletakkan ditengah chick guard dengan ketinggian 1,25 cm, perhatikan arah pans dan temperaturnya. Pemakain koran diatas liter hanya 1 lapis dan dipaki pada hari pertama saja. Insensitas cahaya dalam sangkar minimal 20 lux, atau setara dengan 10 watt atau 60 watt lampu per chick guard dengan ketinggian 170 cm. Untuk petugas yang keluar masuk sangkar disediakan celupan desinfektan atau hand sprayer.

0 Response to "Persiapan Sebelum Doc Masuk Kandang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel