Cara Mengetahui Berat Tubuh Sapi Bali Dengan Ukuran Lingkar Dada

CARA MENGETAHUI BERAT BADAN SAPI BALI DENGAN UKURAN LINGKAR DADA

Artikel mengenai cara mengetahui berat tubuh sapi bali dengan ukuran lingkar dada ini sudah pernah aku posting sebelumnya, namun entah mengapa ketika dicari lagi artikel tersebut sudah tidak sanggup aku temukan lagi. Oleh alasannya yaitu itu, artikel ini aku posting kembali untuk menjawab pertanyaan rekan-rekan peternak maupun praktisi peternakan yang bekerjasama dengan sapi bali. Dengan metode ini kita tidak perlu menghitung tinggu gumba dan memasukan rumus, cukup mencocokannya dengan tabel.

Mengetahui berat tubuh sapi merupakan pengetahuan yang penting bagi peternak. Hal ini sanggup berfungsi sebagai indikator keberhasilan administrasi pemeliharaan ternak yang kita pelihara. Selain itu, mengetahui berat tubuh sapi juga penting biar peternak tidak mengalami kerugian ketika akan menjual atau akan membeli ternak sapi.

Dalam artikel ini penulis hanya akan sedikit membuatkan isu cara mengetahui berat tubuh sapi dan khususnya sapi Bali. Adapaun cara mengetahui berat tubuh sapi terdiri dari 2 cara yaitu : Menggnakan timbangan sapi ataupun memakai teknik pengukuran tubuh yang lalu dikonfersikan dengan berat tubuh sapi.
Pengukuran dengan menggunkan timbangan yaitu cara yang simpel akan tetapi membutuhkan saran dan prasarana yang memadai. Timbangan sapi ibarat ini umumnya hanya terdapat pada instalasi milik pemerintah namun tidak jarang pihak swasta juga memilikinya.
Selain memakai timbangan, cara lain mengetahui berat tubuh sapi yaitu dengan cara pengukuran lingkar dada.
CARA MENGETAHUI BERAT BADAN SAPI BALI DENGAN UKURAN LINGKAR DADA  CARA MENGETAHUI BERAT BADAN SAPI BALI DENGAN UKURAN LINGKAR DADA

Setelah mendapat hasil pengukuran lingkar dada maka kita tinggal memasukannya pada rumus. Tapi pada kali ini aku tidak menjelaskan rumusnya namun dengan mengggunakan tabel. Makara lingkar dada yang sudah didapatkan tinggal dimasukkan ke dalam tabel untuk diketahui kisaran berat tubuh sapi.

Contohnya : Jika lingkar dada sapi menurut hasil pengukuran yaitu 166 cm yaitu 269 kg. Caranya maka dilihat pada kolom vertikal paling kiri angka 160 dan baris paling atas pada angka 6 lalu ditarik garis penghubungnya maka akan didapatkan angka 269 (lihat pada gambar di atas). Oiya, bagi peternak yang ingin meningkatkan performa sapi Bali atau untuk mengatasi gangguan reprodusi (sapi susah bunting atau produksi susu kurang masimal) sanggup memakai Rumen Aider.

0 Response to "Cara Mengetahui Berat Tubuh Sapi Bali Dengan Ukuran Lingkar Dada"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel