Tanda-Tanda Ternak Yang Sehat

TANDA-TANDA TERNAK YANG SEHAT

Secara umum, gejala ternak yang sehat untuk kurban ialah sebagai berikut :

1. Matanya jernih dan tidak sayu

Mata sapi harus jernih, terbuka penuh, pupil bereaksi cepat, tidak keluar air, tidak berwarna merah, dan selaput lendir bab dalam berwarna merah terang.Jika ada sapi yang matanya sangat kotor dan keruh, maka pertanda bahwa binatang tersebut sedang sakit dan sebaiknya jangan Anda beli.

2. Bentuk badan standar

Bentuk badan sapi harus standar.Sapi harus mempunyai tulang punggung yang relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur badan yang ideal, menyerupai kombinasi perut, kaki depan, dan belakang, kepala, dan leher seimbang

3. Kulitnya higienis Kulit sapi harus terlihat bersih. 

Pastikan binatang yang akan dikurbankan itu tak mempunyai infeksi atau penyakit kulit lainnya. Untuk memastikannya, Anda sanggup mencubit kulitnya, kemudian lihat apakah kulitnya kembali menyerupai semula atau tidak. Jikakulit kembali menyerupai semula, maka sapi dalam keadaan sehat.

4. Mulut dan hidung bersih 

Jika lisan sapi sangat lembap dan banyak mengeluarkan air liur atau terdapat bintil-bintil merah, maka pertanda bahwa sapi sedang mengindap penyakit. Begitu juga dengan hidung, pastikan hidung sapi higienis dan tak mengeluarkan cairan.

5. Anus higienis

Perhatikan juga anus atau dubur sapi.Bisa saja sapi yang dijual sedang diare.Untuk itu, pastikan dubur yang dimilikinya higienis dan tak ada gejala bahwa sapi sedang diare.

6. Aktif bergerak Saat didekati, pergerakan sapi aktif. 

Gerakannya lincah dan terlihat sangat berpengaruh dan bersemangat.Selain itu, sapi juga mempunyai nafsu makan yang baik. Itulah cara menentukan sapi yang sehat untuk kurban. Jadi, jangan hingga Anda salah menentukan binatang yang untuk dikurbankan.Bila perlu, pilih binatang kurban yang terdapat stiker sehatnya.

0 Response to "Tanda-Tanda Ternak Yang Sehat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel