Gambaran Eksternal Ambing

Gambaran Eksternal Ambing

Ambing/kelenjar susu sapi terdiri dari empat (4) bab terpisah. Bagian kiri dan kanan terpisah jelas, bab ini dipisahkan oleh sulcus yang berjalan longitudinal yang disebut sulcus intermammaria. Kuartir depan dan belakang jarang mengatakan batas yang jelas. Jika dilihat dari samping, dasar ambing sebaiknya rata, membesar ke depan dan menempel besar lengan berkuasa ke dinding badan perut. Pertautan pada bab belakang sebaiknya tinggi dan lebar, dan tiap kuartir sebaiknya simetris. Gambaran eksternal ini memberi arti produktivitas seumur hidup dan merupakan kriteria penting yang dipakai untuk menilai sapi perah pada pekan raya ternak dan evaluasi penjabaran bangsa.

Berat ambing tergantung umur, masa laktasi, banyaknya susu di dalam ambing, dan faktor genetik. Beratnya berkisar antara 11,35 – 27,00 kg atau lebih tidak termasuk susu. Kapasitas ambing ialah 30,5 kg. Berat dan kapasitasnya naik sesuai dengan bertambahnya umur. Setelah sapi mencapai umur 6 tahun berat dan kapasitas ambing tidak naik lagi. Terbesar kapasitasnya pada laktasi yang kedua dan ketiga. Normalnya, kuartir belakang lebih besar dari kuartir depan dan menghasilkan susu sekitar 60 persen produksi susu sehari.

Susu dari tiap kelenjar disalurkan ke luar melalui puting, puting susu berbentuk silindris atau kerucut yang berujung tumpul. Puting susu belakang biasanya lebih pendek dibandingkan puting susu depan. Bila memakai mesin perah putting susu yang pendek lebih menguntungkan dibanding dengan yang panjang, alasannya ialah milk-flow rate-nya lebih cepat, dengan perkataan lain sapi dengan puting panjang diperah lebih usang dari pada puting pendek. Sifat terpenting puting untuk pemerahan efisien ialah (1) ukuran sedang, (2) penempatan baik, dan (3) cukup tegangan pada otot spinkter sekitar lubang puting biar memudahkan pemerahan dan susu tidak menetes.

Antara 25 hingga 50 persen sapi memiliki puting berlebih (tambahan), keadaan ini disebut supranumerary teat. Puting berlebih ini biasanya terletak di sebelah belakang. Sebaiknya puting berlebih ini dihilangkan sebelum pedet mencapai umur satu tahun, hal ini untuk mencegah terjadinya mastitis.

0 Response to "Gambaran Eksternal Ambing"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel