Panduan Budidaya Burung Perkutut

Tips atau cara atau juga panduan budidaya burung perkutut . Kepada teman-teman dan para pembaca terutama penggemar perkutut pemula yang belum sempat membaca artikel ini dari Mingguan Agrobis, berikut ini disampaikan ringkasan dengan sedikit modofikasi ihwal cara beternak perkutut yang disarankan yang dibagi dalam  langkah beternak Perkutut yang sanggup dijelaskan sebagai berikut :

0. Berdoa

Sebelum kita melaksanakan apapun sebaiknya berdoa dahulu, alasannya yaitu sebesar apapun perjuangan kita hanya Tuhan Yang Maha Esa yang menentukan segalanya. 

1. Sekolah perkutut

Sesuatu yang gres yang ingin kita ketahui termasuk beternak, sebaiknya kita mencar ilmu mulai yang paling simpel atau terrendah menyerupai murid sekolah yang mencar ilmu dari TK, SD, Sekolah Menengah Pertama dan seterusnya hingga S1, S2 dan selanjutnya.
Dalam beternak langkah pertama dan utama yang perlu dilakukan yaitu mencari dan menentukan Indukan untuk diternakkan. Kalau kita tidak pintar-pintar bagaimana menghadapi trik untuk ini, salah-salah kita bisa babak belur dan habis duit segudang.
Caranya dengan membeli dahulu perkutut piyik yang murah istilahnya “ cepekan “ dan memeliharanya, sambil kita mencar ilmu dan memahami banyak sekali aspek suaranya, makanannya, perawatannya, dan lain-lain. Setelah menjadi dewasa, dibutuhkan kita sudah paham betul perubahan kualitas dan irama suaranya yang kita inginkan.
Bila sudah merasa lebih tahu, belilah perkutut piyik yang harganya lebih mahal, tujuannya sama untuk memantau perkembangan perkutut piyik tersebut hingga dewasa. Demikian seterusnya kita berusaha untuk meningkatkan kualitas perkutut dengan kemampuan dana yang tersedia. Dengan demikian kita akan terhindar dari gorokan para peternak yang tidak bertanggung-jawab dan juga terhindar dari seloroh, “ sekolah perkutut itu biayanya mahal “.

2. Darah atau blood line

Sebagian besar peternak sukses menyampaikan bahwa unsur darah keturunan yang mengalir pada seekor perkutut atau disebut “ Trah “ sangat menentukan kualitasnya. Walalupun ada sebagian peternak yang percaya bahwa kualitas bunyi seekor perkutut sanggup diciptakan dengan melaksanakan “ crossing “. Penulis meyakini bahwa Trah darah seekor perkutut semula juga hasil dari sebuah kerja usang dan panjang memalu sebuah penelitian dengan berpedoman pada ilmu crossing dari aturan Mendel.
Karenanya untuk membeli perkutut piyik, selain mengamati suaranya, juga sebaiknya perkutut piyik tersebut memiliki pemikiran darah yang terang dan bagus.

3. Lomba/konkurs atau Latber

Datang, melihat dan mendengarkan bunyi perkutut yang dilombakan atau konkurs, juga pada waktu latihan bersama, sambil bertanya kepada peternak atau penggemar perkutut yang lebih tahu ( senior ), merupakan daerah mencar ilmu yang terbaik. Dengan cara ini kita akan semakin paham bagaimana bunyi perkutut yang baik dan benar. Ingat akan pepatah : “ Malu bertanya, sesat dijalan “.
Pada kesempatan itu, kita juga bisa mengetahui secara pribadi atau tidak pribadi harga seekor perkutut menurut kualitas suaranya. Tujuannya semoga kita tidak jadi korban dan disembelih oleh peternak bandel saat kita akan menentukan dan membeli calon Indukan untuk diternakkan.

0 Response to "Panduan Budidaya Burung Perkutut"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel